Manfaat Buah Kiwano, Buah yang Ada di Film Avengers

Ilustrasi buah kiwano (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Beberapa waktu lalu, buah kiwano sempat ramai dibicarakan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, buah ini disebut-sebut hadir di film Avengers, Endgame. Di dalam film tersebut, diceritakan bahwa buah ini menjadi buah yang dipanen oleh thanos.

Buah ini berasal dari Afrika dan memiliki bentuk dan rasa yang unik. Bahkan karena saking uniknya buah ini dikatakan sebagai makanan para alien.

Ciri-ciri buah kiwano ini, yaitu memiliki tanduk dikulit dan tekstur yang berair. Rasanya pun terbilang unik, dengan perpaduan rasa antara antara buah pisang, melon dan juga timun. Jika belum matang rasa buah ini sedikit pahit. Meskipun bentuknya unik, ternyata buah ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Adapun manfaat buah kiwono adalah sebagai berikut :

1. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada buah kiwono membuatnya bagus untuk menjaga kesehatan dan penglihatan mata. Menurut beberapa penelitian, buah ini dapat mencegah beberapa kerusakan pada mata seperti katarak, degenerasi makula dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan penglihatan mata.

2. Mencegah Diabetes

Dilansir dari sebuah jurnal elsevier menyebutkan bahwa ekstrak pada buah kiwano dapat mengurangi kadar gula pada penderita diabetes. Kadar glikemik yang dimiliki buah kiwono terbilang rendah, sehingga aman dan tidak menyebabkan diabetes. Buah ini juga mengandung mineral dan magnesiun yang berperan dalam menjaga metabolisme glukosa dalam insulin.

3. Menjaga kesehatan kulit

Buah kiwano adalah buah yang mengandung banyak Vitamin C, yang dapat menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Kandungan itu membantu memproduksi kolagen, mempercepat penyembuhan luka dan melindungi kulit dari paparan buruk sinar ultraviolet.

4. Meningkatkan fungsi otak

Selain itu, manfaat lain dari buah kiwano adalah dapat meningkatkan fungsi kinerja otak bahkan memperbaiki kondisi mood kamu. Hal ini dikarenakan, pada buah kiwano mengandung magnesium dan seng. Kedua senyawa ini dapat memperbaiki suasana hati yang kacau, mengurangi tingkat kecemasan dan mengobati depresi.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan potasium yang terdapat pada buah kiwono, bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah peradangan dan mengontrol tekanan darah.

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwano, Buah yang Ada di Film Avengers
Kombinasi Buah yang Cocok untuk Sarapanmu di Akhir Pekan

Cara mengkonsumsi buah kiwano

Untuk mengkonsumsi buah ini cukup mudah, kamu hanya perlu membelahnya menjadi dua bagian lalu ambil isinya dengan menggunakan sendok. Hal ini dikarenakan tekstur dan isi buah kiwano ini cukup berair dan mirip seperti bagian dalam buah mentimun.

Namun ada yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi buah kiwano. Jangan sampai mengkonsumsinya jika masih dalam keadaan mentah atau belum matang. Alasannya, buah ini mengandung zat kimia yang membahayakan tubuh dan jika sudah matang zat berbahaya tersebut akan berubah menjadi nutrisi yang bermafaat untuk tubuh.

Video Terkait

Video Terkait