Sediakan Pangan Murah, Kementan Gelar Bazar Tani Sambut Ramadan

Ilustrasi pasar tradisional. (foter)

Editor: Rashif Usman - Selasa, 21 Maret 2023 | 13:01 WIB

Sariagri - Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Bazar Tani Ramadhan yang menyiapkan berbagai komoditas pangan berkualitas dengan harga murah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan Ramdhan hingga Idul Fitri.

Bazar Tani Ramadhan yang berlangsung mulai tanggal 20 Maret hingga 13 April 2023 ini resmi dibuka Sekretaris Jenderal, Kasdi Subagyono.

n Kasdi Subagyono menyampaikan Bazar Tani Ramadhan ini terselenggara atas kerjasama jajaran Eselon I Kementan bersama para mitra binaan guna memudahkan pemenuhan kebutuhan sehari- hari khususnya untuk pegawai Kementan selama bulan Ramadhan hingga Lebaran. Tidak hanya itu, pasar murah ini juga terbuka untuk seluruh masyarakat.

“Kita bekerja sama dengan unit- unit Eselon I Kementan menggandeng para mitra binaan dan ada juga beberapa pegawai kita yang berkontribusi di sini secara langsung dan ini kita laksanakan untuk membantu memudahkan jajaran Kementan khususnya di pusat untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari selama Ramadhan dan Idul Fitri ,” kata Kasdi pada launching Bazar Tani Ramadhan yang bertempat di pelataran Kantin Kantor Pusat Kementan, dikutip Selasa (21/3).

Kasdi menambahkan Bazar Tani Ramadhan ini menyedikan berbagai kebutuhan mulai dari bahan pangan, pangan olahan, makanan ringan hingga pakaian dengan harga yang lebih murah dari harga eceraran terendah (HET). Untuk itu diharapkan selama berlangsungnya bulan Ramadhan, pangan tidak bersoal dan kebutuhan aman dengan harga yang terjangkau.

“Nah ini tentu bisa membantu teman – teman seluruh jajaran kita untuk mendapatkan kebutuhan murah selama bulan Ramadhan. Kalau di luar harga naik, kalau di sini malah harga turun jadi mampu memberikan manfaat besar pada seluruh jajaran kita di pusat. Contohnya, gulanya yang HET nya Rp 13 ribu, disini malah dijual dengan harga Rp 10 ribu artinya harganya jauh lebih murah,” terangnya.

Baca Juga: Sediakan Pangan Murah, Kementan Gelar Bazar Tani Sambut Ramadan
Jaga Stok Pangan, Kementan Perkuat Pengawalan Sentra Produksi Nasional

Bazar Tani Ramadhan ini diisi langsung oleh para petani dari berbagai daerah. Salah satunya Petani Champion Bawang Asal Bandung, Rus. Ia menuturkan stok bawang merah aman dan siap menyuplai kebutuhan masyarakat yang akan meningkat selama bulan Ramadhan. Saat ini harga bawang di pasar sudah mencapai Rp 32.000 per kg namun khusus untuk Bazar Tani Ramadhan Kementan, bawang dijual dengan harga Rp 20.000.

“Jadi bedanya 12 ribu. Bawang ini langsung dari petani. Jadi di sini bawang kita jual dengan harga petani dan stok kita juga cukup banyak dan siap suplai kebutuhan masyarakat,” kata Rus.