Kombinasi Buah yang Cocok untuk Sarapanmu di Akhir Pekan

Ilustrasi sarapan (Foto: Pixabay)

Editor: M Kautsar - Minggu, 23 Agustus 2020 | 09:00 WIB

SariAgri - Sobat Agri, sarapan menjadi bagian penting untuk memulai aktivitas. Sarapan menu dengan penuh karbohidrat kerap menjadi pilihan.

Tapi, bagi yang sedang menjalani diet, ada beberapa pilihan buah yang bisa menjadi bekal memulai hari. Dikutip dari Hello Sehat, berikut lima kombinasi buah untuk sarapan sehat.

1. Kiwi, stroberi, dan jeruk bali merah

Kombinasi tiga buah ini untuk menjaga ketahanan tubuh. Kiwi, stroberi, dan jeruk bali merah (grapefruit) kaya dengan vitamin C yang tinggi.

Sebagai variasi, kamu juga bisa membuat kombinasi buah kaya vitamin C lainnya, seperti mangga, pepaya, atau nanas untuk sarapan. Campurkan buah-buahan ini menjadi semangkuk salad buah dengan yoghurt, atau jadikan smoothie sehat tanpa gula tambahan.

2. Ceri, blueberry, dan nanas

Kombinasi tiga buah ini membantu peradangan penyebab penyakit pada pencernaan. Alasannya, ceri mengandung senyawa antioksidan phenolic, nanas mengandung enzim bromelain, dan bluberry mengandung vitamin A, C, dan E.

Blueberry juga mengandung senyawa antioksidan yang disebut antosianin. Senyawa ini membantu bakteri pencernaan dalam proses metabolisme.

3. Pisang, alpukat, dan apel

Pisang mengandung karbohidrat, apel kaya akan serat, dan alpukat merupakan sumber lemak yang menyehatkan.

Kombinasi ketiga buah tersebut untuk sarapan dapat memberikan energi ekstra di pagi hari.

4. Pepaya, blackberry, dan melon

Sarapan tidak hanya untuk menjaga energi tubuh. Sarapan juga bisa menjadi bagian terapi kecantikan. Campuran pepaya, blackberry, dan buah melon menjadi jus atau smoothie. Minumlah secara rutin setiap pagi.

Pepaya kaya senyawa yang meningkatkan produksi kolagen serta enzim papain yang dapat mencegah kerusakan kulit. Sementara itu, blackberry mengandung senyawa antioksidan, vitamin A, dan vitamin C.

Tak ketinggalan, buah melon mengandung betakaroten, yakni bahan baku vitamin A yang menjaga kehalusan kulit dan rambut.

5. Lemon, semangka, dan goji berry

Kombinasi tiga buah ini dipercaya dapat membuang racun dari tubuh. Kombinasi buat tersebut untuk sarapan akan semakin “kaya” jika ditambahkan perasan buah lemon.

Perasan buah lemon memiliki kandungan senyawa antioksidan, antibakteri, dan antiviral yang berlimpah. Kamu bisa mengolahnya sebagai jus. Selain itu, kamu bisa menambahkan mentimun dan peterseli guna mengurangi kembung di pagi hari.

Video Terkait