10 Khasiat Telur Asin bagi Tubuh dan Cara Mudah Pembuatannya

Ilustrasi telur asin. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 7 Februari 2023 | 12:30 WIB

Sariagri - Telur dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi, namun sayangnya telur memiliki sifat yang cepat rusak sehingga perlu pengawetan agar bisa dikonsumsi dalam jangka lama.

Salah satu bentuk pengawetan yaitu menjadikannnya telur asin. Pengasinan telur merupakan teknologi pengolahan hasil ternak yang sering digunakan untuk menjaga kualitas telur, karena pembuatannya yang mudah dan ekonomis, sehingga memiliki peminat yang cukup banyak.

Biasanya, masyarakat menggunakan telur itik untuk proses pengasinan, karena telur itik mempunyai pori-pori yang besar dan rasa amis, sehingga baik digunakan untuk telur asin. Waktu pengasinan sangat berpengaruh pada masa simpan telur semakin lama pengasinan semakin lama masa simpan telur.

Metode pengasinan telur

Melansir cybex.pertanian.go.id, metode pengasinan meliputi metode pengasinan basah dan metode kering. Pengasinan dengan metode kering dilakukan dengan penutupan kulit telur dengan tumbukan batu bata, abu dapur, dan garam dalam bentuk adonan pasta, sementara pengasinan dengan metode perendaman dengan cara merendamkan telur dengan larutan garam jenuh.

Baca Juga: 10 Khasiat Telur Asin bagi Tubuh dan Cara Mudah Pembuatannya
5 Cara Mudah Menambahkan Asupan Protein dalam Menu Diet

Pada metode basah telur direndam dalam air dan garam (larutan jenuh) dengan perbadingan 2:1 kemudian diperam selama 7-14 hari. Sementara metode kering tidak memerlukan perendaman, hanya pembalutan telur bersama adonan berbahan dari garam dapur, abu dapur, dan serbuk batubata dengan perbandingan 1:2:3, lalu diperam 7-14 hari tergantung tingkat keasinan yang diinginkan, semakin lama diperam, maka akan semakin terasa asin telurnya.

Manfaat telur asin bagi tubuh

Selain bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, telur asin juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, seperti:

  1. Kandungan protein di dalam telur asin mampu membantu mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak, sehingga regenerasi sel-sel lebih optimal tubuh sekaligus mempercepat metabolisme tubuh.
  2. Meningkatkan massa otot sehingga menjadi lebih padat dan kuat.
  3. Menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  4. Meningkatkan metabolisme tubuh, di mana kandungan protein pada telur memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh untuk mencerna, mendistribusikan, dan memanfaatkan zat-zat gizi dari makanan dan minuman. 
  5. Menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah.
  6. Kandungan zat besi di dalam telur asin mampu mengatasi masalah anemia.
  7. Kandungan omega-3 di dalamnya membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. 
  8. Menjaga kesehatan kulit, khasiat ini ada berkat kandungan vitamin E di dalam telur asin.
  9. Menjaga kesehatan mata, hal ini karena adanya kandungan vitamin A di dalam telur asin.
  10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.