5 Cara Mudah Menambahkan Asupan Protein dalam Menu Diet

Ilustrasi menu diet. (Foto: Unsplash)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 12 Januari 2023 | 08:00 WIB

Sariagri - Protein sangat penting dan dibutuhkan bagi kesehatan. Kandungannya memiliki peranan dalam pembentukan otot dan pertumbuhan tubuh. Tak hanya itu, protein juga ternyata dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan sayuran dan buah-buahan.

Ada banyak cara untuk meningkatkan asupan protein, salah satunya berkonsultasi dengan spesialis nutrisi untuk mendiskusikan kebutuhan nutrisi tubuh yang tepat dan jenis diet yang diikuti. Namun, tidak terlalu sulit untuk mengetahui bahan makanan yang perlu kamu konsumsi untuk meningkatkan asupan protein tubuh.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan protein dalam makanan, yang dikutip dari laman Mag for Woman.

1. Bubuk protein

Kamu bisa membeli bubuk protein yang menawarkan sejumlah protein yang kamu butuhkan. Bubuk ini bisa ditambahkan ke makanan ringan, seperti muffin atau pancake. Kamu juga bisa mencari bubuk rasa vanila yang bisa ditambahkan ke oatmeal, sereal, atau minuman kesehatan lainnya yang kamu konsumsi.

2. Konsumsi telur, yogurt dan keju

Ini adalah makanan yang biasanya ditemukan di kebanyakan rumah, yang mengandung banyak protein jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Yogurt, telur dan keju bisa membuat sarapan kamu tetap enak dan sehat.

3. Protein untuk non-vegan

Non-vegan juga bisa mendapatkan keuntungan dari protein yang ditawarkan oleh ikan, seperti ikan tuna yang kaya akan protein. Daging domba, daging merah, ayam, telur kalkun, salad ayam juga bisa menjadi resep yang cukup populer bagi mereka yang menyukai diet kaya protein.

Jangan lupa untuk memilih potongan daging yang besar dan tips, karena dapat meningkatkan level protein secara signifikan pada makanan yang dikonsumsi.

4. Protein untuk vegan

Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan karena mereka menawarkan semua protein yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menambahkan Asupan Protein dalam Menu Diet
Gawat Nih! Simpan Telur di Kulkas Dinilai Tak Sehat

Kamu juga bisa mendapatkan protein dari hazelnut, kenari, biji bunga matahari, buncis, kacang dan mentega kacang. Makanan vegan yang menawarkan protein meliputi nasi merah dan bawang merah, kacang dan jelai, brokoli dan artichoke, bayam dan kentang.

5. Sadar akan kandungan protein

Terdengar sepele, namun memeriksa makanan apa yang menawarkan lebih banyak protein dan yang kurang juga berperan baik. Misalnya, ayam, daging sapi dan ham adalah sumber protein yang kaya.