Gawat Nih! Simpan Telur di Kulkas Dinilai Tak Sehat

Ilustrasi Simpan Telur di Lemari Es. (Freepik)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Redaksi Sariagri - Senin, 1 Maret 2021 | 13:40 WIB

SariAgri -  Saat ini ketika orang-orang membeli bahan makanan, banyak yang menyimpan di dalam lemari es. Langkah ini dilakukan untuk menolong pengawetan makanan.

Bahkan di pintu kulkas, menjadi tempat wajib menyimpan telur. Melansir Reader's Digest, menurut pakar penyimpanan makanan dari Space Station, Vlatka Lake, rak plastik di pintu kulkas bukan tempat yang tepat untuk menyimpan telur, karena bisa membuat sumber protein cepat busuk.

"Ada perdebatan sengit tentang bagaimana telur harus disimpan, ada yang menyarankan di kulkas, yang lain mengatakan di rak. Menurut konsensus umum, telur sebaiknya disimpan di kulkas, tetapi bukan di rak di bagian pintu," kata Lake.

Berita Pangan - Baca Juga: Beda Plant Based Diet Dengan Vegetarian
Akibat Flu Burung, Harga Telur di Korea Selatan Melambung Tinggi

Baca Juga: Gawat Nih! Simpan Telur di Kulkas Dinilai Tak Sehat
Berkhasiat! 5 Produk Alam Ini Mampu Mencegah Kanker Kulit

Telur yang disimpan di pintu kulkas akan terpapar suhu yang naik turun karena pintu sering dibuka tutup. Akibatnya, telur bisa cepat busuk.

Menurut Lake, sebaiknya menyimpan telur di rak kulkas yang suhunya relatif lebih konstan dan terjaga. Kebiasaan menyimpan telur di kulkas pun sebenarnya jarang ditemui orang Eropa. Namun, telur memang disarankan disimpan di tempat bersuhu kurang dari 20 derajat celsius untuk menjaga kesegarannya.

Food Estate : Petani Milenial Solusi Ketahanan Pangan

Video Terkait