Minum Air Putih pada Kondisi Ini Tidak Disarankan, Begini Penjelasannya

Ilustrasi air putih. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 14 Januari 2022 | 18:40 WIB

Sariagri - Air putih sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian dalam tubuh manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa kita dianjurkan untuk meminum 8 hingga 10 gelas setiap harinya untuk memenuhi cairan dalam tubuh.

Tanpa meminum air putih yang cukup tubuh akan kekurangan cairan dan berujung pada kondisi yang bernama dehidrasi. tentunya kondisi tubuh dapat terancam oleh berbagai kondisi yang tidak baik.

Namun, di samping fakta minum air putih sangat menyehatkan, ada juga loh kondisi di mana ketika kamu minum air putih justru bisa berakibat buruk dan memberikan dampak yang kurang baik.

Nah, berikut ini ada 3 kondisi yang harus kamu hindari saat minum air putih:

1. Saat Olahraga

Saat berolahraga, pasti kamu akan merasa haus, terlebih kamu sudah banyak sekali mengeluarkan keringat. Namun, kamu juga harus tahu, jika saat berolahraga suhu tubuh bisa naik dan cenderung memanas. 
Jika saat kondisi ini kamu minum, elektrolit tubuh bisa berkurang dan bisa membuat perut terasa mual bahkan pusing. Tidak hanya itu, minum air putih saat olahraga juga bisa berbahaya untuk orang yang sakit jantung.

Baca Juga: Minum Air Putih pada Kondisi Ini Tidak Disarankan, Begini Penjelasannya
Bahaya! 4 Minuman Ini Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Serangan Jantung

2. Sebelum, Saat, dan Sesudah Makan

Kebanyakan orang pasti sering melakukan hal ini. Kita cenderung minum saat makan dan sesudahnya tanpa memberi jeda waktu. 
Padahal, kebiasaan ini bisa mengganggu proses pencernaan tubuh. Minum air putih saat makan bisa mengurangi produksi air liur yang berfungsi untuk proses pencernaan. Pada kondisi ini, kamu disarankan untuk mengkonsumsi air minum 30 menit sebelum makan dan 10 menit setelahnya.

3. Saat Makan Pedas

Bukannya rasa pedas malah hilang, minum justru membuat rasa pedas menyebar. Kondisi ini bisa lebih parah jika kita minum air dingin. 

Video Terkait