Kenapa Harga Daging Wagyu Mahal? Ini Alasannya

Ilustrasi daging wagyu (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 24 November 2021 | 19:30 WIB

Sariagri - Daging sapi dapat diolah menjadi aneka masakan. Belakangan muncul daging sapi bernama wagyu yang digemari masyarakat tapi lumayan mengocek kantong.

Wagyu memiliki arti wa sebagai Jepang dan gyu adalah sapi. Daging wagyu memang berasal dari Jepang. Ketika pergi ke supermarket, pasti akan berpikir dua kali untuk membeli daging wagyu. Selain harganya mahal, porsi yang diberikan pun hanya sedikit.

Lantas, kenapa harga daging wagyu mahal? Salah satu alasannya karena cara pemeliharaannya yang membuat daging ini menjadi mahal.

Dilansir dari JNTO, merek wagyu memiliki garis keturunan yang dikontrol secara menyeluruh dan dibesarkan dengan sangat hati-hati untuk menghasilkan rasa dan tekstur unik, lumer di mulut dan lembut.

Untuk menghasilkan wagyu berkualitas para peternak memperhatikan garis keturunan sapi ternak milik mereka. Tak hanya itu, kualitas daging wagyu juga dikontrol langsung oleh pemerintah.

Sapi wagyu menjadi salah satu hewan yang tidak tempramental. Maka itu, para peternak harus memperhatikan supaya sapi tidak stres. Selain itu, pemeliharaan sapi wagyu tidaklah mudah. Terdapat sejumlah pedoman ketat yang harus diperhatikan.  

Dilansir dari Metro.co.uk, sapi pembiakan dan sapi hamil digembalakan di padang rumput sementara anak sapi diberi makan dengan cara tertentu, dengan pakan khusus, untuk memastikan dagingnya memiliki banyak marbling.

Anak sapi wagyu diberi makan pengganti susu langsung oleh peternak. Selain itu, sapi ini juga menggunakan jaket ketika cuaca dingin.

Hingga usia tujuh bulan, anak sapi ini akan tinggal di peternakan hingga akhirnya dikirim ke pelelangan untuk dijual ke peternakan penggemukan. 

Di sana sapi wagyu akan dibesarkan di lumbung, diberi nomor dan nama. Wagyu dipelihara dengan diet jerami padi, silase dan konsentrat tanaman utuh. Mereka dibiarkan tumbuh hingga 700 kg selama hampir tiga tahun. 

Yang mengejutkan, setiap sapi memiliki akta kelahiran. Hal ini untuk mengidentifikasi garis keturunan yang membuat setiap potongan wagyu dapat ditelusuri kembali ke peternakan.

Baca Juga: Kenapa Harga Daging Wagyu Mahal? Ini Alasannya
Jangan Ketipu! Ini Cara Membedakan Daging Anjing dan Daging Sapi

Karena mahalnya, beredar kabar sapi ini diberi bir dan dipijat setiap hari di Jepang. Namun hal tersebut tidak benar. Sesekali wagyu disikat dengan sikat kaku untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan stres.

Untuk itu, hidangan dengan daging sapi Wagyu wajib dicoba saat datang ke Jepang. Wagyu dapat disajikan sebagai sukiyaki, shabu-shabu, hidangan pot dan steak. Kota-kota besar seperti Tokyo, Sapporo, dan Kyoto memiliki banyak restoran khusus yang menjual Wagyu berkualitas tinggi.

Video Terkait