Benar Gak Sih, Makan Kangkung Bikin Kantuk?

Ilustrasi Kangkung (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 19 November 2021 | 19:20 WIB

Sariagri - Sayur kangkung dapat dinikmati semua kalangan. Pasalnya, sayuran ini bisa ditemukan di tempat makan pinggiran hingga restoran kelas atas.

Menu paling sederhana sayur kangkung ini biasanya berupa tumisan. Namun rasanya akan terasa lebih nikmat ketika kamu menyantapnya dengan nasi hangat dan telur dadar.

Meski nikmat, sayur kangkung kerap kali dikaitkan dengan rasa kantuk. Banyak orang mengatakan usai makan kangkung bikin kantuk. Tak heran, sebagian orang dilarang untuk menikmati sayuran ini apalagi ketika ingin berkendara.

Lalu, benarkah makan kangkung bikin kantuk?

Dilansir dari berbagai sumber, sebagai sayuran hijau, kangkung kaya akan serat. Kangkung sendiri mengandung mineral kalium yang berefek mengurangi tekanan darah. Hal itulah yang diyakini sebagai sebab orang mengantuk usai makan kangkung.

Selain itu, kangkung juga mengandung senyawa menyerupai LSD atau lysergic acid diethylamide. Efek dari senyawa ini adalah terciptanya rasa nyaman.

Baca Juga: Benar Gak Sih, Makan Kangkung Bikin Kantuk?
Bisa Jadi Camilan Sehat, Begini Cara Membuat Kangkung Krispi

Faktor lainnya adalah terdapat senyawa triptofan yang menciptakan serotonin di tubuh. Efeknya adalah memperlambat kerja saraf otak sehingga membuat tubuh lebih rileks.

Meski demikian belum ada penelitian yang menyatakan makan kangkung bikin kantuk. Meskipun sejumlah kandungan pada kangkung memungkinkannya. Sejumlah ahli kesehatan juga belum bisa memastikan hal tersebut.