Viral, Kerak Nasi Dijual di California Dibanderol 5 Dolar per Plastik

Makanan yang dikenal sebagai intip atau kerak nasi dijual di Amerika Serikat. (Foto: Twitter @jowoshitpost)

Editor: M Kautsar - Selasa, 9 November 2021 | 12:00 WIB

Sariagri - Siapa yang tak kenal kerak nasi. Di beberapa wilayah makanan ini dikenal juga sebagai intip.

Biasanya makanan ini terbuat dari nasi yang dikeringkan dan digoreng. Selama dikeringkan, makanan ini dicetak seperti mangkok. Di bagian penampang dalamnya, intip diberi gula aren atau terkadang kecap.

Makanan yang menjadi jajanan khas di beberapa kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini ditemukan di sebuah toko waralaba makanan Korea Selatan, Galleria di California, Amerika Serikat.

Di Korea Selatan, makanan itu dinamai nurungji. Konsep dan rasanya pun mirip intip. Yang membedakan, barangkali, sajian pelengkap berupa gula aren atau kecap.

Dikutip dari Twitter @jowoshitpost, makanan ini dijual dengan harga 5,36 dolar AS, setara Rp76 ribu, untuk satu plastiknya. Kemasannya sendiri terbuat dari styrofoam dan dibalut dengan plastik.

Baca Juga: Viral, Kerak Nasi Dijual di California Dibanderol 5 Dolar per Plastik
Kisah Sukses Sego Berkat Bu Murni yang Viral di Dunia Maya, Modal Awal Rp200 Ribu

Melihat harganya yang lumayan mahal, ada warganet yang terinspirasi. "Daripada dibuat nasi goreng, nasi sisa di rumah mending dibuat intip terus diekspor," kata seorang warganet.

"Ada yg mau ke luar negri lg engga buat jualan intip? Titip jualan mamakku deh nih kalo ada yang jual segitu mahalnya," kata seorang warganet yang memamerkan intip sebesar mangkok buatan ibunya.

"Di sini kerap dibuang, di sana malah dijual," ucap warganet.