5 Tips agar Minyak Goreng yang Kamu Pakai Tetap Jernih

Ilustrasi Menggoreng Makanan (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 28 Mei 2021 | 16:40 WIB

SariAgri - Minyak menjadi salah satu alasan mengapa rasa masakan kamu menjadi enak. Jika yang kamu pakai adalah minyak yang jernih, tentu masakan kamu semakin gurih. Sebaliknya, jika sudah kecoklatan, warna masakan kamu menjadi tidak menarik dan pastinya tidak menyehatkan.

Oleh karena itu, untuk Sobat Agri yang merasa boros dengan minyak goreng, simak beberapa tips yang satu ini. Dijamin, minyak goreng yang kamu pakai awet jernihnya.

1. Mengatur suhu api saat memasak

Api yang terlalu besar akan membuat minyak goreng menjadi cepat panas. Inilah mengapa penting dalam menjaga suhu saat memasak, karena bisa membuat minyak goreng cepat berubah menjadi cokelat. Sehingga makanan yang digoreng pun akan terlalu berminyak, bahkan bisa jadi masakan yang kamu goreng mungkin hanya matang di luarnya saja.

2. Segera bersihkan sisa makanan

Biasanya setelah makanan digoreng, ada sisa dari makanan pada minyak goreng. Jika kamu biarkan mengendap, sisa-sisa makanan tersebut akan menurunkan kualitas minyak. Sebelum minyak bekas pakai kamu simpan, singkirkan dulu sisa-sisa makanan. Lakukan penyaringan sampai bersih.

3. Menyimpan minyak dengan benar

Perlu Sobat Agri tahu, minyak bisa tetap hitam lho walau kamu tidak menggunakannya. Ini karena penyimpanannya tidak benar. Kamu harus menghindari tempat yang terpapar cahaya atau sumber panas langsung. Simpanlah minyak goreng pada wadah yang tertutup rapat di tempat gelap.

Baca Juga: 5 Tips agar Minyak Goreng yang Kamu Pakai Tetap Jernih
Kenapa Gorengan Pakai Minyak Berulang Rasanya Lebih Enak? Ini Jawabannya

4. Pisahkan minyak

Akan lebih baik kamu menyimpan minyak bekas sesuai dengan jenis makanan yang digoreng. Dengan begitu, tidak ada lagi rasa yang bercampur, kalau perlu beri label agar kamu tidak salah pakai.

5. Tidak menggunakan minyak secara berulang

Pemakaian minyak yang wajar adalah tiga kali. Tapi, jika belum tiga kali minyak goreng sudah berbusa, sebaiknya jangan dipakai lagi. Selain itu, minyak yang tercium bau tengik juga tidak boleh kamu pakai karena sudah rusak.