Habis Momen Lebaran, Konsumsi Empat Makanan Ini Agar Kondisi Kembali Sehat

Ilustrasi buah dan sayuran. (pixabay)

Editor: Reza P - Kamis, 13 Mei 2021 | 16:00 WIB

SariAgri - Perayaan Idul Fitri menjadi momen spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri masyarakat syarat akan budaya silaturahmi di mana saling mengunjungi kediaman kerabat, saudara dan sanak keluarga lainnya.

Di suasana lebaran tersebut, tentunya identik dengan sajian makanan-makanan khas lebaran seperti sayur godok, opor ayam, semur daging, rendang daging dan masih banyak lagi makanan khas nusantara dalam perayaan hari kemenangan tersebut.

Di balik kenikmatan kuliner khas lebaran tersebut tentunya juga menyimpan kandungan yang kurang baik apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh tubuh seperti kandungan gula yang tinggi, lemak jahat, serta kolesterol akan menghantui tubuh.

Namun ada baiknya, setelah momen lebaran selesai kamu bisa memberikan tubuh makanan yang baik lainnya. Lantas apa saja rekomendasi makanan-makanan yang dianjurkan setelah lebaran, simak ulasan berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

Sayuran hijau

Sayur-sayuran hijau dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racung tersebut akan dikeluarkan tubuh melalui saluran pencernaan sekaligus melancarkan pencernaan. Olahan sayur dalam bentuk sup menjadi rekomendasi yang baik karena makanan berkuah memberikan pengaruh kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan makanan dalam tubuh.

Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt setelah lebaran sangat dianjurkan karena yoghurt merupakan minuman sehat yang dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh sekaligus membersihkan usus dan lambung. Dalam mengonsumsi yoghurt, bisa dicampurkan atau menambahkannya dengan buah-buahan untuk mengurangi rasa asamnya.

Baca Juga: Habis Momen Lebaran, Konsumsi Empat Makanan Ini Agar Kondisi Kembali Sehat
Alasan Kenapa Vitamin C dalam Buah dan Sayur Harus Dikonsumsi Setiap Hari

Buah apel

Buah apel sangat efektif dalam menghancurkan lemak dikarenakan kandungan flavonoidnya. Penelitian menyebutkan bahwa perempuan yang kerap mengonsumsi buah apel memiliki berat tubuh yang lebih ringan dibanding dengan yang tidak mengonsumsinya. Buah apel sangat cocok dijadikan menu setelah momen lebaran anda usai.

Kacang-kacangan

Kacang sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk membakar lemak setelah menyantap semua jenis makanan yang dihidangkan saat lebaran. Kacang yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kacang kenari dan almond, karena kacang ini mampu mengembalikan berat tubuh yang mulai naik pasca mengonsumsi makanan berat saat lebaran.

Video Terkait