A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Undefined array key -1

Filename: controllers/Article.php

Line Number: 597

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 597
Function: _error_handler

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan, Salah Satunya Jaga Berat Badan

5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan, Salah Satunya Jaga Berat Badan

Ilustrasi lemon dan jahe. (pixabay)

Editor: Rashif Usman - Minggu, 5 Maret 2023 | 18:00 WIB

Sariagri - Meskipun memiliki rasa asam, lemon kaya akan berbagai nutrisi baik untuk kesehatan. Lemon kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai seyawa lainnya. Nutrisi tersebut tentunya dapat mendukung kesehatan jantung hingga pencernaan.

Dilansir dari healthline, berikut manfaat lemon untuk kesehatan anda.

1. Membantu mengontrol berat badan

Lemon memiliki kandungan serat pektin yang membantu anda merasa kenyang lebih lama. Sebaiknya anda tidak mengonsumsi jus lemon karena tidak mengandung pektin. Hal tersebut tidak akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

2. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal atau benjolan kecil terbentuk saat limbah yang berada di dalam darah membentuk kristal dan menumpuk di bagian ginjal. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan pH urin dan volume urin serta menciptakan lingkungan yang kurang menguntungkan untuk pembentukan batu ginjal. Anda dapat membuat ½ cangkir (4 ons atau 125 mL) jus lemon per hari agar mendapatkan asam sitrat yang cukup

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Lemon mengandung 10 persen karbohidrat dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. Pektin yang terkandung pada lemon merupakan serat utama. Kandungan ini adalah suatu bentuk serat larut yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus serta memperlambat pencernaan gula dan pati. Tentunya, untuk mendapatkan manfaat dari serat ini, anda perlu mengonsumsi daging buahnya. Serat tidak akan anda dapatkan jika meminum jus lemon.

4. Melindungi dari anemia

Anemia adalah penyakit saat anda mengalami defisiensi besi. Jika anda mengalami penyakit ini maka perlu memerhatikan asupan zat besi yang cukup. Zat besi didapatkan dari makanan nabati salah satunya lemon. Zat besi dari sumber nabati (non-heme) tidak mudah diserap oleh usus besar. Namun, penyerapan ini dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin C dan asam sitrat yang terkandung di lemon

5. Menjaga kesehatan jantung

Lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi. Satu lemon menyediakan sekitar 31 miligram vitamin C yang setara 51% dari referensi asupan harian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, serat dalam lemon juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.



Baca Juga: 5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan, Salah Satunya Jaga Berat Badan
4 Manfaat Kesehatan Minum Kopi dengan Campuran Lemon, Apa Saja?