Simak! Ini 4 Cara Menyimpan Telur dengan Baik

Ilustrasi telur. (Unsplash/Jakub Kapusnak)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Senin, 27 Februari 2023 | 13:00 WIB

Sariagri - Telur merupakan salah satu makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang terdapat pada telur memiliki kaya akan makro dan mikro esensial, termasuk protein, asam lemak omega-3, vitamin D, vitamin B12, dan sebagainya.

United States Department of Agriculture (USDA) menyebutkan bahwa telur mentah dapat bertahan selama tiga hingga lima minggu pada suhu 40 derajat. Namun, waktu kesegaran telur sudah dimulai sebelum didistribusikan ke toko.

Hindari risiko penyakit dengan mengonsumsi telur yang sudah basi. Pastikan pasokan telur di rumah masih terlihat segar dan cukup aman untuk dikonsumsi.

Berikut cara yang dapat digunakan untuk bantu mempertahankan kesegaran telur dilansir dari Eat This Not That.

1. Hindari suhu ruangan

Pastikan untuk memasukkan telur ke dalam kulkas dengan suhu rendah. Jangan biarkan telur didiamkan pada suhu ruangan selama dua jam atau lebih.

2. Jangan letakkan di pintu kulkas

Hindari menyimpan telur di pintu kulkas untuk menghindari keretakan pada telur. Selain itu, area ini memiliki suhu yang cenderung lebih tinggi, sehingga dapat mempercepat penuaan sekaligus menurunkan kualitas telur.

Baca Juga: Simak! Ini 4 Cara Menyimpan Telur dengan Baik
Ternyata Selama Ini Kita Salah, Begini Cara Benar Merebus Telur

3. Simpan pada karton pembungkus

Karton atau wadah pembungkus lainnya telah dirancang sedemikian rupa untuk meminimalkan kehilangan cairan pada telur. Penggunaan karton juga dapat megurangi penyerapan rasa makanan lain di kulkas yang dapat berpengaruh pada kualitas rasa telur.

4. Perhatikan letak telur

Simpan telur yang paling segar di bagian belakang kulkas dekat termostat yang cenderung paling dingin. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kualitas pasokan telur sekaligus memudahkan pengambilan telur. (Sariagri/ Nurma Wibi Earthany)