Perbandingan Sagu dan Jagung, Mana yang Lebih Sehat?

Ilustrasi sagu dan jagung (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 4 Januari 2023 | 09:30 WIB

Sariagri - Sagu dan jagung adalah jenis bahan pokok selain nasi yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sama halnya dengan nasi, keduanya juga merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Selain digunakan sebagai pengganti nasi, sagu dan jagung juga dapat dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan. Diketahui, pohon sagu banyak dijumpai di tanah Indonesia bagian timur. Sedangkan pohon jagung, tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Namun di antara sagu dan jagung, sebenarnya manakah yang lebih baik? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkapnya.

Perbandingan Kandungan Sagu dan Jagung

Sejak dahulu kala, sagu sudah menjadi bahan pangan utama bagi masyarakan Indonesia bagian Timur. Pasalnya daerah sana cukup sulit ditemukan lahan untuk menanam padi.

Di dalam sagu terdapat beberapa kandungan nutrisi penting yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B1, karbohidrat, fosfor, protein, kalsium dan zat besi.

Biasanya, orang Indonesia Timur mengolah tanaman pangan ini menjadi makanan utama karena mengandung karbohidrat yang sama seperti nasi.

Selain sagu, jagung juga banyak dijadikan sebagai bahan pangan alternatif selain padi. Namun umumnya, masyarakat menjadikan jagung sebagai menu lauk pauk. Tak hanya karbohidrat, kandungan fosfor pada jagung juga terbilang sangat tinggi.

Baca Juga: Perbandingan Sagu dan Jagung, Mana yang Lebih Sehat?
Selain Nasi, Ini 5 Sumber Karbohidrat yang Menyehatkan dan Cocok untuk Diet

Jika dibandingkan, keduanya imbang karena sama-sama menyehatkan dan baik untuk kesehatan. Sagu dan jagung menjadi sumber karbohidrat yang tinggi. Kandungan ini berperan penting sebagai sumber energi dan mendukung kegiatan sehari-hari.

Sobat Agri bisa mengolah sagu menjadi papeda, yang sangat khas di Indonesia Timur. Sementara jagung, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan yang sangat populer, seperti bakwan jagung, jagung rebus dan sebagainya.