Bongsang, Anyaman Bambu Pengganti Plastik untuk Wadah Daging Kurban

Bongsang, anyaman bambu pengganti plastik. (Antara)

Editor: Dera - Rabu, 6 Juli 2022 | 15:30 WIB

Sariagri - Bongsang atau anyaman dari bambu bisa menggantikan penggunaan kantong plastik pada pada Idul Adha 1443 Hijriah. Di mana bongsang dapat dijadikan sebagai wadah daging kurban

Bahkan, Badan Amil Zakat Nasional Badan Amil Zakat Infak dan Sedekah (Baznas Bazis) Kepulauan Seribu mengajak warga setempat memakai bongsang. 

"Bongsang itu dibagikan kepada masyarakat maupun panitia kurban melalui kelurahan sebagai wadah daging," kata Koordinator Baznas Bazis Kepulauan Seribu Ridwan Malik di Jakarta Utara. 

Ridwan mengaku pihaknya menyediakan kemasan ramah lingkungan itu sebanyak 5.000, sebagai upaya menindaklanjuti Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

Antara melansir, Bongsang akan dibagikan sesuai kebutuhan enam kelurahan di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan sebagai wadah daging 35 hewan kurban yang akan dikirimkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu untuk Idul Adha 1443 Hijriah dari dermaga Kaliadem, Penjaringan, Jakarta Utara pada 7 Juli.

Baca Juga: Bongsang, Anyaman Bambu Pengganti Plastik untuk Wadah Daging Kurban
KLHK Imbau Pembagian Daging Kurban Tak Pakai Kantong Plastik, Ini Alasannya

Ke-35 ekor hewan kurban tersebut, di antaranya 26 ekor kambing dan sembilan ekor sapi, akan diperiksa kesehatannya dulu di dermaga sebelum dikirim menggunakan kapal tradisional.

Tujuannya ke sebelas pulau permukiman di Kepulauan Seribu seperti di Kepulauan Seribu Selatan ada Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Pari, Pulau Payung dan Pulau Tidung. Sedangkan di Kepulauan Seribu Utara ada Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Sabira.

Video Terkait