Mengenal Si Manis Baklava Makanan Khas Turki

Baklava makanan khas Turki. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Selasa, 5 Juli 2022 | 19:10 WIB

Baklava adalah sejenis makanan penutup atau dessert asal Turki. Makanan ini memiliki tekstur renyah dan rasa yang cukup manis. Baklava banyak dikenal sebagai camilan roti tipis yang memiliki beragam isian salah satunya kacang-kacangan.

Jika dilihat sekilas, baklava memiliki bentuk yang mirip dengan kue pastry pada umumnya. Bedanya baklava dibuat dengan cara mengoleskan mentega ke dalam beberapa lembaran tipis filo yang ditambahkan kacang, gula hingga rempah-rempah.

Mengutip Dishes Origin, Selasa (5/7/2022), baklava memiliki berbagai macam isian seperti kacang pistachio, kacang kenari, hazelnut hingga kombinasi kacang-kacangan.

Tidak hanya itu, beberapa jenis baklava memiliki isian krim yang terbuat dari susu. Ukuran baklava juga bermacam-macam, mulai dari yang kecil, sedang atau berupa gulungan.

Melihat dari sejarah, baklava ini muncul dari dapur Kerajaan Topkapi yang berhasil dikembangkan dan dimasak dengan sempurna dengan cara dipanggang.

Namun ada buku catatan dapur yang ditemukan pada 1473 yang menunjukkan bahwa sebenarnya baklava pada zaman dahulu tidak dimasak dengan cara dipanggang. 

Hal itu disebabkan orang turki yang pertama memasuk Anatolia merupakan kaum yang nomaden, jadi kemungkinan untuk memiliki oven sangatlah kecil. Bukan dengan dipanggang, namun dengan cara menggulung atau merenggangkan adonan ditaruh di atas api.

Yunani juga memiliki hidangan penutup yang mirip dengan baklava, namun dibuat dengan cara dipipihkan. Baklava ala Yunani tersebut tidak diberi ragi serta memiliki isian kacang cincang dan madu. 

Pada baklava modern kemungkinan telah ditemukan pada masa Kekaisaran Ottoman di Turki. Banyak negara Mediterania yang memiliki resep baklava versi daerah dan khasnya masing-masing.

Video Terkait