Roti atau Nasi, Mana Menu Sarapan yang Lebih Baik? Ini Penjelasannya

Ilustrasi roti tawar. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 5 Juli 2022 | 10:45 WIB

Sariagri - Nasi dan roti menjadi menu favorit untuk sarapan karena asupan karbohidrat yang tinggi. Tidak heran jika kedua bahan makanan ini sering menjadi sajian sebelum memulai aktivitas.

Kita sudah tahu bahwa nasi semacam menu wajib bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Baik sarapan, makan siang, maupun makan malam, nasi selalu hadir di atas piring makan.

Akan tetapi bukan berarti roti tidak difavoritkan. Roti dinilai memiliki kepraktisan dalam penyajiannya, karena itu roti juga kerap dijadikan menu sarapan. Biarpun bukan negara penghasil gandum, makan roti tawar dengan olesan mentega dan taburan coklat meses bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. 

Berbicara roti dan nasi sebagai menu sarapan, kira-kira mana yang lebih sehat dan baik, ya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut perbandingan nutrisi roti dan nasi mengutip Healthy Eating.

1. Kandungan Nutrisi Makro

Dalam sepotong roti gandum utuh mempunyai kandungan 69 kalori, 4 gram protein, 1 gram lemak, dan 12 gram karbohidrat. Kandungan tersebut sudah cukup memenuhi asupan energi di pagi hari.

Jika kita membandingkannya dengan satu porsi nasi beras merah terdapat 108 kalori, 3 gram protein, 1 gram lemak, dan 22 gram karbohidrat. Beras merah memang pilihan asupan makanan yang menyehatkan, tetapi kalorinya masih lebih tinggi dibanding roti gandum utuh.

2. Asupan Serat

Nasi putih dan roti tawar biasa hanya mengandung sedikit serat, yang kurang lebih hanya sekitar 0,3 gram dan 0,4 gram saja. Asupan serat yang cukup, membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah penyakit jantung, serta menjaga berat badan tetap ideal.

Demi manfaat kesehatan tersebut, kita khususnya para perempuan disarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25 hingga 38 gram per harinya.

3. Mineral

Seporsi nasi merah mengandung 42 miligram magnesium atau setara 11 persen kebutuhan magnesium per hari. Magnesium bermanfaat untuk memperkuat tulang, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menjaga irama detak jantung lebih stabil.

Nasi putih biasa dan kedua jenis roti juga menyediakan asupan mineral penting, tetapi jumlahnya kecil sehingga bukan merupakan sumber yang baik.

4. Vitamin dan Folat

Sebetulnya baik roti ataupun nasi bukanlah bahan makanan yang mengandung vitamin yang tinggi. Seporsi nasi putih juga hanya mengandung 77 mikrogram folat atau setara dengan 19 persen dari total kebutuhan folat harian.

Baca Juga: Roti atau Nasi, Mana Menu Sarapan yang Lebih Baik? Ini Penjelasannya
Intip Resep Hambagu, Hamburger Steak ala Jepang yang Lezat

Sedangkan satu potong roti putih hanya mencukupi 43 mikrogram folat yang setara 11 persen kebutuhan folat harian. 

5. Zat Besi

Roti gandum lebih tinggi akan zat gizi dibanding beras merah, beras putih, atau roti biasa. Seporsi atau 2 ons roti gandum sudah mengandung 1,39 miligram zat besi. Hal tersebut bisa memenuhi sekiranya 18 persen kebutuhan zat besi harian.

Zat besi penting bagi tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah. Sel darah merah yang sehat bermanfaat mengangkut asupan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga kamu tidak akan cepat mengalami kelelahan.

Video Terkait