5 Makanan Ini Dapat Menumbuhkan dan Memperkuat Rambut

Ilustrasi telur. (Foto Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 2 Juli 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Banyak orang menginginkan rambut yang kuat dan sehat, terutama seiring bertambahnya usia. Namun, seberapa cepat pertumbuhannya dan seberapa sehatnya, tergantung pada banyak faktor termasuk usia, kesehatan, genetik, paparan lingkungan, obat-obatan, dan makanan.

Meskipun tidak dapat mengubah beberapa faktor seperti usia dan genetik, satu faktor yang kemungkinan besar dapat kamu kendalikan adalah pola makan. Vitamin dan mineral dari makanan memainkan peran penting dalam siklus pertumbuhan folikel rambut dan pergantian sel.

Mengutip Healthline, berikut lima makanan yang bisa menumbuhkan dan menguatkan rambut.

1. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin, dua nutrisi yang penting untuk pertumbuhan rambut. Makan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kurangnya protein terbukti meningkatkan kerontokan rambut.

Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin. Oleh sebab itu, suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang kekurangan biotin.

2. Buah Beri

Buah beri sarat dengan senyawa dan vitamin bermanfaat yang dapat mendukung pertumbuhan rambut. Buah beri memiliki vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan kuat.

Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Molekul-molekul ini ada secara alami di dalam tubuh dan lingkungan.

Selain itu, tubuh menggunakan vitamin C untuk memproduksi kolagen, protein yang membantu memperkuat rambut agar tidak rapuh dan patah.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut.

Studi menunjukkan vitamin A penting untuk pertumbuhan rambut. Tetapi suplementasi dengan terlalu banyak vitamin A sebenarnya dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Kamu harus bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi penting ini.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan mackerel memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Ikan tersebut adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik.

Sebuah penelitian pada 120 wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kepadatan rambut.

Namun, hanya ada sedikit penelitian tentang asam lemak omega-3 dan pertumbuhan rambut. Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum para ahli kesehatan dapat membuat rekomendasi apa pun.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Dapat Menumbuhkan dan Memperkuat Rambut
Tepung Telur, Solusi Tepat Saat Harga Sedang Tak Bersahabat

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang hebat. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang terkait dengan kesehatan rambut. Sekitar 114 gram ubi jalar mengandung beta karoten yang cukup untuk menyediakan hingga 160 persen dari kebutuhan vitamin A harianmu.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A dapat mempengaruhi produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rambut rontok. Namun, terlalu banyak vitamin A juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Video Terkait