Hal-hal yang Harus Diketahui Sebelum Minum Susu Kambing

Ilustrasi susu kambing etawa (Foto:Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Susu adalah sumber kalsium paling tertinggi. Selain susu sapi, masyarakat Indonesia juga banyak mengonsumsi susu kambing. Selain nikmat, susu kambing juga menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan yang sangat sayang jika dilewatkan.

Bagi sebagian orang, terutama yang memiliki masalah medis seperti kanker, tekanan darah tinggi, atau kencing manis, susu ini aman dikonsumsi.

Bahkan, susu ini direkomendasi untuk dijadikan perawatan tambahan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Meski begitu, ada hal yang harus kamu ketahui mengenai susu kambing, beberapa diantaranya yaitu:

1. Tidak boleh diberikan untuk anak dibawah 1 tahun

Susu kambing tidak diperuntukkan untuk bayi di bawah satu tahun. Pasalnya, sistem pencernaan bayi belum sempurna untuk memproses susu selain ASI. Oleh karena itu, sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memilih susu pengganti ASI.

2. Bisa diberikan bagi yang alergi susu

Bagi yang memiliki alergi terhadap susu sapi, susu kambing bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab di dalam susu sapi terdapat kasein, yaitu protein yang menyebabkan alergi. Namun pada susu kambing kadarnya lebih rendah dari susu sapi.

3. Intoleransi laktosa

Bagi kamu yang memiliki intoleransi laktosa, sebaiknya perlu dipahami juga seberapa sensitifnya tubuh kamu dengan laktosa (gula yang ada pada susu). Apabila sensitivitasnya tinggi, sebaiknya hindari susu kambing dan memilih alternatif lain, misalnya susu kedelai.

4. Melewati proses pasteurisasi

Sama halnya dengan susu sapi, sebaiknya pastikan juga susu kambing yang Sobat Agri konsumsi sudah melewati proses pasteurisasi. Hal ini berguna agar menjamin susu kambing dalam keadaan higienis.

5. Tidak minum dalam jumlah berlebihan

Perlu diketahui, bahwa mengonsumsi susu kambing ternyata ada efek sampingnya. Menurut penelitian, susu kambing dapat mendetoksifikasi tubuh atau mengeluarkan racun dalam tubuh.

Baca Juga: Hal-hal yang Harus Diketahui Sebelum Minum Susu Kambing
Manfaat Susu Kambing yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Dimana jika diminum, nantinya tubuh akan menimbulkan gejala yang mirip dengan intoleransi laktosa, seperti mual, diare, dan perut kembung. Namun gejala ini akan membaik dengan sendirinya.

Kamu bisa meminum susu kambing sebanyak 250 ml per hari, dan dapat diminum saat pagi untuk sumber energi untuk mengawali hari, sebelum atau sesudah olahraga, serta di malam hari untuk membantu tidur lebih nyenyak.