Penderita Kolesterol Tetap Aman Menikmati Espresso, Ini Kiatnya

Ilustrasi Espresso (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 3 Juli 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Menikmati waktu istirahat ditemani secangkir espresso mungkin bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Sayangnya, bagi para penderita kolesterol harus berhati-hati.

Sebenarnya, kadar kolesterol dalam kopi bisa tinggi karena dipengaruhi proses pembuatannya. Espresso merupakan istilah untuk kopi yang diseduh dengan tekanan tinggi.

Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Open Heart menyebutkan espresso memiliki kadar kolesterol total lebih tinggi dibanding jenis kopi lainnya. Hal ini karena kopi ini memiliki bahan kimia bernama cafestol dan kahweol. yang dikaitkan dengan kadar kolesterol "jahat" LDL.

Kopi French press atau kopi plunger memiliki kandungan senyawa peningkat kolesterol lebih tinggi dibanding filtered coffee. Di dalam espresso, senyawa itu ditemukan dalam jumlah menengah, meski data terkait asupan minuman ini dan kadar kolesterolnya masih terbatas.

Para peneliti Norwegia mengajak sekitar 20 ribu orang berusia 40 tahun ke atas untuk mengetahui apakah meminum espresso mempengaruhi kadar kolesterol seseorang. Hasilnya, ditemukan fakta bahwa peserta yang minum tiga sampai lima cangkir espresso setiap hari, kolesterol totalnya meningkat dengan efek lebih besar pada laki-laki ketimbang perempuan.

Tips minum kopi dengan kadar kolesterol tetap aman

Ahli diet kardiologi di Entirely Nourished, Michelle Routhenstein, MS, RD rahasianya, dari penelitian yang dilakukan untuk mengurangi konsumsi espresso menjadi nol hingga dua cangkir per harinya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol kamu.

Rothenstein berpendapat terdapat maksimal 30 kali lebih banyak senyawa yang punya peranan dalam peningkatan kolesterol jika biji kopi tidak disaring terlebih dahulu.

Baca Juga: Penderita Kolesterol Tetap Aman Menikmati Espresso, Ini Kiatnya
Ini Alasan Kenapa Kopi Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali

Jumlah yang direkomendasikan itu tergantung bagaimana riwayat medis seseorang. Tapi, bagi sebagian besar orang dewasa, jumlah kolesterol total harus kurang dari 200 mg/dL, dengan LDL (kolesterol jahat) kurang dari 100 mg/dL, dan HDL (kolesterol baik) lebih banyak dari 40 mg/dL.

Kemudian untuk anak-anak, kolesterol total harus kurang dari 170 mg/dL, LDL kurang dari 110 mg/dL, dan HDL lebih besar dari 45 mg/dL.

Video Terkait