5 Makanan Ini Sumber Protein yang Baik untuk Tubuh

Ilustrasi salmon. (Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 1 Juli 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Protein adalah nutrisi penting yang terdiri dari asam amino, senyawa yang membantu membangun otot, membuat hormon, bahkan memecah makanan. Ada sembilan asam amino "esensial" yang tidak diproduksi tubuh. Untuk mendapatkannya, kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

Jumlah dasar protein yang dibutuhkan tubuh tergantung pada berat badan. Jumlah yang direkomendasikan adalah 0,8 gram per kilogram berat badan. Jika kamu tengah berusaha mendapatkan otot, jumlah yang direkomendasikan adalah antara 1,2 sampai 2,0 gram protein per kilogram berat badan setiap hari sangat ideal.

Mengutip Eat This, Not That, berikut sumber protein yang disarankan untuk dikonsumsi.

1. Telur

Selain 6 gram protein per telur, telur juga mengandung vitamin B12 yang meningkatkan energi dan kolin yang menyehatkan otak. Baik kuning telur maupun putih telur mengandung banyak protein. Jika kamu mencari protein tanpa lemak, kamu bisa mengonsumsi putih telurnya saja.

2. Ikan Berlemak

Ikan adalah sumber protein yang sangat baik, membantu kamu merasa kenyang serta baik untuk pertumbuhan. Ikan berlemak juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mencegah pembekuan darah dan melawan peradangan.

Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi salmon. Kamu juga bisa mendapatkan asupan protein terbaik dari ikan lainnya seperti sarden dan tuna.

3. Dada Ayam

Setiap bagian ayam menyediakan jumlah protein yang berbeda. Ahli gizi menyarankan bahwa dada ayam adalah pilihan untuk mendapatkan manfaat keseluruhan terbaik.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian adalah pembangkit tenaga protein yang juga mengandung serat dan lemak sehat. Sumber protein vegan ini dapat ditambahkan ke makanan atau dinikmati langsung sebagai camilan.

Makan kacang setiap hari tidak hanya memberi protein terbaik tetapi juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti kesehatan jantung dan melawan peradangan.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Sumber Protein yang Baik untuk Tubuh
Tepung Telur, Solusi Tepat Saat Harga Sedang Tak Bersahabat

5. Greek Yoghurt

Greek yoghurt kaya akan protein dan juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk membantu menjaga tulang tetap kuat. Yoghurt ini juga bisa jadi pilihan sarapan yang luar biasa dan menjadikannya camilan yang mengenyangkan.

Cara paling ideal untuk menikmati greek yoghurt tawar, rendah lemak, atau penuh lemak adalah dengan menambahkannya buah dan biji-bijian segar.

Video Terkait