Asal Mula Salad yang Kini Banyak Diminati sebagai Makanan Sehat

Ilustrasi salad. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Rabu, 29 Juni 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Salad menjadi menu utama yang sering dipromosikan sebagai makanan sehat. Makanan dengan isian banyak sayuran ini cukup diminati oleh masyarakat.

Banyak orang beranggapan kalau salad adalah sajian masyarakat Eropa dan Amerika. Sehingga salad sering dikategorikan makanan 'para bule.'

Melansir Chicago Tribune, salad berasal dari Bahasa Latin 'herba salata' atau sayuran asin. Adopsinya diyakini telah tumbuh dari kebiasaan Romawi Kuno yang mencelupkan selada romaine ke dalam garam.

Bangsa Romawi pun dengan cepat mengubah tradisi yang hanya mengasinkan sayuran dengan membalutnya dengan vinaigrette yang mereka buat. Vinaigrette merupakan kombinasi sederhana minyak zaitun, cuka dan garam.

Baca Juga: Asal Mula Salad yang Kini Banyak Diminati sebagai Makanan Sehat
4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat

Beberapa jenis selada dan sayuran hijau merupakan makanan pokok masyarakat Mesir, Romawi dan Yunani kuno. Kombinasi salad pun dimulai pada akhir abad ke-14, yakni ketika juru masak Raja Richard II membuat salad dengan berbagai sayuran hijau.

Salad yang dibuatnya terdiri dari peterseli, sage, brage, mint, selada air, adas dan krokot. Sayuran tersebut dicampur dengan bawang putih, daun bawang, bawang bombay dan daun bawang dalam vinaigrette. Hingga akhirnya salad terus berkembang penyajiannya dan semakin diminati oleh banyak orang.

Video Terkait