Promosi Kuliner Indonesia di ASEAN Bazaar Buenos Aires Argentina

Stand Indonesia dalam kegiatan Indonesia Spice Up the World pada acara ASEAN Bazaar di Buenos Aires, Argentina. (Antara/HO-KBRI Buenos Aires)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 28 Juni 2022 | 11:15 WIB

Sariagri - Kedutaan Besar RI di Buenos Aires memanfaatkan ASEAN Bazaar di Plaza Barrancas de Belgrano untuk mempromosikan kuliner Indonesia kepada masyarakat Argentina. Promosi dilakukan melalui kegiatan "Indonesia Spice Up the World".  

Ribuan orang yang memadati Plaza Barrancas de Belgrano, Buenos Aires, mendapat kesempatan untuk mencicipi masakan khas Indonesia dan menyaksikan pertunjukan angklung. 

Duta Besar RI untuk Argentina Niniek K. Naryatie mengatakan bahwa promosi kuliner di Argentina itu bertujuan untuk meningkatkan permintaan produk makanan Indonesia dan agar masakan Indonesia semakin banyak dikenal oleh warga setempat.

"Ke depan, diharapkan semakin banyak ekspor pangan olahan dari Indonesia, terutama bumbu rempah," kata Niniek melalui keterangan KBRI Buenos Aires yang diterima di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Tahun ini, kegiatan promosi "Indonesia Spice Up the World" hadir di ASEAN Bazaar, festival tahunan yang diadakan Komite ASEAN di Buenos Aires (ACBA) untuk mengenalkan ASEAN di Argentina.

Pada acara itu, sebuah gerobak mie bertuliskan "Indonesia" menjadi pusat stand kuliner yang digelar KBRI Buenos Aires dengan bertajuk "Indonesia Spice Up the World", atau dalam bahasa setempat "Indonesia le da Sabor al Mundo".

Dewi Daryana, pemilik katering IndoDewi yang telah beberapa kali ikut serta dalam kegiatan promosi kuliner Indonesia di Argentina, menyuguhkan masakan Indonesia berupa mie ayam, kari tempe, dan keripik tempe.

Menurut KBRI Buenos Aires, banyak pengunjung ingin mencicipi tempe, karena walaupun Argentina merupakan penghasil kedelai ketiga terbesar di dunia, makanan olahan dari kedelai yang difermentasikan belum banyak ditemui di Argentina.

Kopi khas Indonesia juga turut meramaikan stand "Indonesia Spice Up the World". Bekerja sama dengan peraih penghargaan barista terbaik Argentina tahun 2012, Daniel Cifuentes, KBRI menyajikan kopi Toraja dan Mandailing dengan gaya espresso yang cukup banyak diminati pengunjung.

Baca Juga: Promosi Kuliner Indonesia di ASEAN Bazaar Buenos Aires Argentina
Restoran Cepat Saji dan Kedai Kopi Asal AS di Rusia Tutup Sementara



Para pengunjung stand Indonesia membuat antrian panjang untuk dapat mencicipi beragam kuliner khas Indonesia, seperti rendang, sate, serta berbagai jajanan pasar seperti wingko, martabak, tahu isi, onde-onde, putu ayu, talam ubi.

"Indonesia Spice Up the World" adalah program Pemerintah RI untuk mempromosikan produk makanan Indonesia ke seluruh dunia.

Video Terkait