Lelah Setiap Bangun Tidur? Segera Konsumsi 5 Makanan Ini

Ilustrasi buah pisang. (pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Apakah kamu seseorang yang membutuhkan banyak kopi di pagi hari? Atau minum minuman energi menjadi rutinitas kamu setiap pagi? Jika iya, kamu harus perhatikan lihat kualitas dan kuantitas tidurmu. Kamu juga harus mengetahui apa yang kamu makan setiap hari.

Buah-buahan dan sayuran segar musiman, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta makanan tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan membanjiri tubuh kita dengan nutrisi. Nutrisi tersebut nantinya menghilangkan rasa lelah dan menopang kita sepanjang hari.

Mengutip Healthline, berikut makanan yang bisa kamu konsumsi agar tidak lelah di pagi hari.

1. Alpukat

Alpukat sarat dengan vitamin, mineral, dan lemak sehat yang memberikan energi yang akan bertahan selama berjam-jam. Buah tersebut mengandung banyak serat, menjaga gula darah kita stabil sehingga dapat menghindari gula yang tinggi.

Coba tambahkan alpukat saat sarapan, bisa diolah menjadi smoothie untuk konsistensi krim yang lezat. Kamu juga bisa makan alpukat dengan telur rebus.

2. Semangka

Bahkan dehidrasi ringan dapat menyebabkan kamu bangun pagi dengan perasaan tidak enak. Sangat penting untuk memilih makanan yang mengandung tinggi air dan semangka adalah salah satu sumber terbaiknya.

Buah lezat ini mengandung 90 persen air, menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan, dan mengandung asam amino L-sitrulin, yang dapat membantu mengurangi nyeri otot.

3. Almond

Almond adalah sumber protein berkualitas tinggi, serat, dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Kacang ini dikemas dengan vitamin B yang membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Kacang almond juga kaya akan magnesium yang membantu melawan kelelahan otot. Tambahkan almond ke dalam granola atau ambil segenggam almond sebagai camilan tengah hari.

4. Kale

Kale sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang kita butuhkan untuk energi. Sayuran ini adalah sumber zat besi nabati yang bagus yang membawa oksigen ke jaringan dan sel kita yang dibutuhkan tubuh.

Olah kale menjadi jus hijau atau smoothie untuk sarapan di pagi hari atau tambahkan ke telur dadar. Jangan hanya minum secangkir kopi.

Baca Juga: Lelah Setiap Bangun Tidur? Segera Konsumsi 5 Makanan Ini
Lima Makanan Sehat untuk Para Pelari

5. Pisang

Pisang adalah bahan bakar saat berlari. Buah yang mengandung potasium ini mengandung jumlah serat yang baik, yang memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Buah pisang yang matang akan memberikan lebih banyak energi yang tersedia dalam bentuk gula, dibandingkan dengan pisang yang belum matang.

Video Terkait