Dijamin Sehat, Ini 5 Makanan Detoks Terbaik untuk Tubuh

Hortikultura - Ilustrasi Buah Bit (Antara)

Editor: Dera - Sabtu, 25 Juni 2022 | 10:00 WIB

Sariagri -  Jika kita cenderung makan berlebihan atau makan terlalu banyak junk food, itu bisa membuat kita merasa kembung dan tidak sehat. Kecuali kita mendetoksifikasi tubuh, bahkan bila kita beralih ke diet sehat atau berolahraga.

Detoksifikasi merupakan cara kita menyiapkan tubuh agar bisa diisi dengan nutrisi seimbang yang menyehatkan.

Makanan detoks juga dapat membantu menurunkan berat badan. Saat kita mengalami penurunan berat badan, itu terjadi karena kita perlu membuang racun agar bisa mengontrol berat badan dengan lebih baik.

Berikut 5 makanan detoks yang harus disertakan saat diet:

Lemon

Buah sitrat seperti lemon dan jeruk sangat bagus untuk detoksifikasi. Mereka sarat dengan vitamin C yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Sifat basa di dalamnya dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH tubuh serta membuat sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, disarankan untuk memulai hari dengan segelas air lemon untuk mempercepat pencernaan. Buah segar lainnya juga baik untuk detoksifikasi karena kaya akan serat.

Teh hijau

Teh hijau serta teh matcha dikenal sebagai salah atu makanan detoks. Teh hijau mengandung antioksidan dan meningkatkan kinerja hati. Matcha mengandung katekin yang tinggi yang dapat membantu melawan kanker, mencegah penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan membantu penurunan berat badan.

Kubis

Kubis mengandung bahan kimia sulforaphaneyang membantu tubuh melawan racun, serta mengandung antioksidan glutathione yang meningkatkan fungsi hati. Dalam bentuk fermentasi, asinan kubis mengandung bakteri menguntungkan yang meningkatkan fungsi usus dan membantu pencernaan.

Baca Juga: Dijamin Sehat, Ini 5 Makanan Detoks Terbaik untuk Tubuh
Sederet Makanan Alami yang Ampuh Atasi Sulit Buang Air Besar

Sayuran Berdaun

Sayuran hijau dapat meningkatkan tingkat klorofil dalam saluran pencernaan dan membantu detoksifikasi. Mereka juga sangat serbaguna dan kamu bisa mengonsumsinya sebagai salad atau sup. 

Bit

Buah ini memiliki jumlah serat yang baik yang meningkatkan produksi enzim antioksidan di hati dan dapat membantu hati serta kantong empedu menghilangkan kelebihan empedu. Bit mengandung nutrisi seperti magnesium, zat besi, dan vitamin C.

Video Terkait