5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol, Apa Saja?

Ilustrasi salmon. (Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 24 Juni 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia. Memiliki kadar kolesterol tinggi, terutama LDL, terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Kolesterol baik rendah dan trigliserida tinggi juga terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, perlu memerhatikan makanan untuk tetap menjaga kadar kolesterol.

Mengutip Healthline, berikut makanan yang dapat menurunkan kolesterol.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang padat nutrisi. Buah ini adalah sumber lemak dan serat tak jenuh tunggal, dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi makan satu alpukat setiap hari. Kadar LDL turun lebih banyak daripada mereka yang tidak makan alpukat.

2. Almond dan Walnut

Kacang-kacangan adalah makanan padat nutrisi lainnya. Kacang sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal. Walnut kaya akan lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh ganda yang terkait dengan kesehatan jantung.

Almond dan kacang-kacangan lainnya juga kaya akan L-arginine, asam amino yang membantu tubuh membuat oksida nitrat. Pada gilirannya, membantu mengatur tekanan darah.

Kalsium, magnesium dan potasium, juga ditemukan dalam kacang-kacangan yang dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.

Dalam satu penelitian besar selama 25 tahun pada orang dewasa, mereka yang paling banyak makan ikan yang tidak digoreng adalah yang paling kecil kemungkinannya untuk mengembangkan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah sekelompok gejala yang mencakup tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol baik yang rendah.

4. Gandum Utuh

Penelitian ekstensif mengikat biji-bijian untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Faktanya, tinjauan dari 45 penelitian bahwa makan tiga porsi biji-bijian setiap hari menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke 20 persen.

Biji-bijian utuh menjaga semua nutrisi tetap utuh, yang memberi mereka lebih banyak vitamin, mineral, senyawa tanaman, dan serat daripada biji-bijian olahan.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol, Apa Saja?
Rekomendasi Makanan Terbaik Untuk Kamu yang Berusia 40 Tahun Keatas

5. Buah dan Berry

Buah adalah tambahan yang sangat baik untuk diet jantung sehat karena beberapa alasan. Banyak jenis buah yang kaya akan serat larut, yang membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol.

Salah satu jenis serat larut yang disebut pektin menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Pektin ditemukan dalam buah-buahan termasuk apel, anggur, buah jeruk, dan stroberi.

Video Terkait