5 Makanan Ini Membuatmu Tampil Awet Muda

Ilustrasi Minyak Zaitun (Pixabay)

Editor: Putri - Rabu, 22 Juni 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Seiring bertambahnya usia, makanan yang kita makan dapat sangat memengaruhi kebugaran, penampilan, kualitas hidup, dan risiko penyakit.

Tubuh kita mengandalkan berbagai nutrisi untuk menghadapi penuaan alami. Beberapa nutrisi dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti memberikan kulit yang sehat.

Mengutip Healthline, berikut makanan yang membuatmu tampil awet muda.

1. Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu minyak paling sehat di bumi. Minyak ini kaya akan lemak sehat dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh ketidakseimbangan radikal bebas dalam tubuh.

2. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas terbentuk sebagai respons terhadap stresor dari lingkungan eksternal, seperti sinar ultraviolet (UV) atau asap tembakau.

Di situlah antioksidan masuk. Molekul-molekul ini menstabilkan radikal bebas sehingga tidak dapat menyebabkan kerusakan. Teh hijau sangat tinggi antioksidan yang disebut polifenol.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak adalah makanan bergizi tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Lemak omega-3 bermanfaat melawan penyakit jantung, peradangan, dan banyak masalah lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan yang merusak kulit. Salmon, salah satu jenis ikan berlemak yang paling populer, memiliki aspek tambahan yang dapat membantu mendukung kesehatan kulit.

Salmon mengandung antioksidan karotenoid yang disebut astaxanthin, yang bertanggung jawab atas warna pink salmon. Dalam sebuah penelitian, orang dengan kulit yang rusak akibat sinar matahari mengonsumsi kombinasi astaxanthin dan kolagen selama 12 minggu.

4. Cokelat hitam atau Kakao

Cokelat hitam kaya akan polifenol, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Secara khusus, mengandung flavanol, yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

Diperkirakan bahwa diet kaya flavanol dan antioksidan lainnya dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperlambat penuaan kulit.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Membuatmu Tampil Awet Muda
Pemda Demak Bersama Polda Jateng dan Kodam Diponegoro Jaga Ketahanan Pangan

5. Buah Delima

Seperti kebanyakan buah-buahan, buah delima penuh dengan nutrisi sehat. Buah ini tinggi serat, potasium, dan vitamin K, yang membantu mendukung kesehatan jantung.

Buah delima juga kaya akan antioksidan, seperti flavonol, tanin, asam fenolik, dan lignan. Beberapa penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam buah delima dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV.

Video Terkait