Ini 5 Obat Alami untuk Sembuhkan Sariawan

Ilustrasi obat alami sembuhkan sariawan. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 22 Juni 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Sariawan dapat mengganggu aktivitas mulut karena rasa perih dan nyeri yang terjadi di dasar gusi, bawah lidah atau sepanjang sisi rongga mulut.

Melansir sejumlah sumber, biasanya sariawan muncul dalam jumlah satu bahkan beberapa buah sekaligus. Meski demikian, penyakit yang satu ini tidak menular.

Penyebab dari sariawan paling umum adalah karena daya tahan tubuh yang sedang turun, kekurangan vitamin B12 dan infeksi bakteri. Penyebab sariawan laiinya meliputi perubahan hormon tubuh.

Meski penyebab sariawan meliputi infeksi bakteri atau virus tertentu, penyakit ini tidak menular.

Bahkan, jarang penderita sariawan yang menyembuhkannya dengan ke dokter. Mereka biasanya lebih senang menggunakan obat alami.

Berikut ini obat alami yang bisa sembuhkan sariawan:

1. Madu

Obat alami yang bisa sembuhkan sariawan adalah madu karena sifat antiradang dan antibakteri yang dimilikinya. Caranya, oleskan madu di atas sariawan tersebut secara rutin.

2. Kantong teh bekas

Siapa sangka kantong teh bekas bisa menjadi obat alami yang sembuhkan sariawan. Sifat basa pada kantong teh dapat menetralisir area mulut yang asam. Cara penggunaannya dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kurang lebih lima menit pada sariawan.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan obat alami yang bisa sembuhkan sariawan. Caranya adalah menyiapkan lidah buaya yang sudah dicuci bersih, lalu oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya pada sariawan dan biarkan beberapa jam. Ulangi proses ini dua sampai tiga kali sehari.

Baca Juga: Ini 5 Obat Alami untuk Sembuhkan Sariawan
Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi Sebelum Berenang

4. Yogurt

Yogurt bisa menjadi obat untuk sembuhkan sariawan karena dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dalam mulut dan tubuh. Dengan mengonsumsi yogurt tiap pagi dapat menjadi cara untuk mempercepat proses penyembuhan.

5. Kelapa

Kelapa juga bisa menjadi obat unutk sembuhkan sariawan. Caranya dengan mencampurkan madu dan susu kelapa atau minyak kelapa lalu oleskan ramuan tersebut di sariawan. Ulangi sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari.

Video Terkait