Viral Cobek Dibakar Keluar Belatung, Chef Nausa Beri Penjelasan

Chef Nausa beri penjelasan soal video viral cobek dibakar keluar belatung (TikTok)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Selasa, 21 Juni 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Belakangan ini tengah viral video di media sosial memperlihatkan sebuah cobek yang dibakar, lalu mengeluarkan belatung. Video tersebut awalnya diunggahan melalui akun TikTok @kesayanganvito.

Menanggapi hal itu, seorang koki memberi penjelasan terkait kejadian belatung yang keluar dari cobek. Ia membagikan penjelasan tersebut pada akun TikTok @chefnausa.

Dalam penjelasannya, awalnya Chef nausa mengamsumsikan bahwa belatung tersebut berasal dari telur lalat. Sebab, menurutnya belatung tidak mungkin muncul tanpa adanya penyebab.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa lalat biasanya hingga di tempat yang kotor, busuk, ataupun berbau. Sementara, permukaan cobek biasanya bergelombang, kasar dan tidak rata.

"Belatung kita asumsikan dari telur lalat ya, lalat itu biasa hinggap di tempat yang sifatnya itu busuk, sampah atau kotoran. Nah, cobek itu kan permukaannya tidak rata, sehingga saat membersihkannya terkadang tidak bersih, jadi masih ada kadang sisa-sisa cabai atau sisa-sisa terasi yang menempel, itu akan menarik lalat untuk hinggap," ujarnya.

Baca Juga: Viral Cobek Dibakar Keluar Belatung, Chef Nausa Beri Penjelasan
Viral Momen Raffi Ahmad Makan di Warteg, Banjir Pujian Warganet

Chef Nausa mengatakan bahwa tekstur cobek yang berongga itulah yang membuat telur lalat bisa masuk ke rongga-rongga, sehingga mengeluarkan belatung. Tak hanya pada cobek, menurutnya hal seperti ini juga bisa ditemukan pada daging atau ayam yang sudah busuk.

Oleh karenanya, Chef juga menyarankan sebelum menggunakan atau setelah menggunakan cobek sebaiknya bersihkan dengan besar, seperti disikat. Tak hanya itu, tempat penyimpanan juga harus diperhatikan, karena tempat yang tidak bersih juga bisa menarik lalat untuk hinggap.

Video Terkait