Jangan Keliru! Ini Dia Perbedaan Pati dan Tepung yang Wajib Diketahui

Ilustrasi Tepung (Antara)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 20 Juni 2022 | 12:10 WIB

Sariagri - Bagi kamu yang baru terjun ke dunia perkulineran pastinya masih dibingungkan dengan perbedaan antara pati dengan tepung. Pasalnya, kebanyakan orang masih menyebut pati dengan kata tepung. Hal ini dikarenakan secara fisik, penampilannya sangat mirip. 

Meski begitu, sebenarnya pati dan tepung memiliki perbedaan loh. Lantas apa saja sih perbedaan antara keduanya? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Tepung

Dalam proses pembuatannya, tepung melalui proses yang cukup singkat. Tepung terbuat dari bahan baku seperti beras gandum, singkong, dan lainnya. 

Semua bahan tersebut nantinya akan dicuci terlebih dahulu lalu dikeringkan hingga benar-benar tidak mengandung air, setelah itu baru dihaluskan hingga menjadi tepung. 

Seperti contoh untuk tepung singkong. Sebelum dihaluskan, singkong dikupas dan dicuci bersih. Dipotong-potong, kemudian dikeringkan. 

Singkong yang dikeringkan ini oleh masyarakat Jawa dikenal dengan nama gaplek, sehingga banyak yang menyebut tepung singkong sebagai tepung gaplek. Setelah kering, singkong kemudian dihaluskan menjadi tepung.

2. Pati

Untuk pembuatan pati, berbeda dengan proses pembuatan terigu. Pati bisa dibilang dibuat melalui proses yang cukup panjang.

Jika saat membuat tepung proses menghaluskan dilakukan di akhir, maka saat membuat pati, proses menghaluskan dilakukan di awal.

Untuk membuat pati singkong atau tapioka, singkong dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah bersih, singkong dihaluskan. Singkong yang sudah dihaluskan ini kemudian dicampur dengan air, lalu diambil patinya. 

Baca Juga: Jangan Keliru! Ini Dia Perbedaan Pati dan Tepung yang Wajib Diketahui
Mengenal Tepung Talbinah yang Dipakai Nabi Muhammad SAW Hilangkan Asam Lambung

Caranya, dengan menyaring dan memerasnya. Air perasan ini kemudian diendapkan. Endapan ini yang dinamakan pati. Pati kemudian dikeringkan hingga menjadi tepung.

Walau tepung dan pati beras ketan sama-sama bisa larut dengan air, tapi dikatakan adonan mocha yang dibuat menggunakan shiratamako bisa lebih halus dibandingkan tepung beras ketan.

 

Video Terkait