Wow, Harga Makan Siang Bareng Warren Buffett Capai Rp280 Miliar

Warren Buffett, triliuner Amerika. (Antara)

Editor: Dera - Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Seseorang memenangi lelang amal untuk bersantap siang bersama triliuner Amerika Warren Buffett dengan tawaran akhir senilai lebih dari 19 juta dolar AS (Rp281,94 miliar).

Lelang yang dibuka di eBay dan berakhir pada Jumat malam itu adalah lelang ke-21 yang digelar oleh Buffett untuk mendanai sebuah badan amal.

Nilai akhir yang ditawar oleh pemenang itu melampaui rekor sebelumnya pada 2019 yang "hanya" mencapai 4,57 juta dolar. Identitas pemenang baru belum diumumkan.

Semua hasil lelang akan disumbangkan ke Glide, sebuah lembaga nirlaba di Tenderloin, San Francisco, yang membantu masyarakat miskin, tuna wisma dan rehabilitasi pecandu narkoba.

Glide menyediakan makan, tempat penampungan, tes HIV dan hepatitis C, pelatihan kerja dan berbagai program untuk anak-anak.

Buffett, 91 tahun, adalah ketua dan kepala eksekutif Berkshire Hathaway Inc., perusahaan konglomerat AS di Omaha, Nebraska. Dia telah menggalang dana lebih dari 53,2 juta dolar bagi Glide lewat 21 lelang sejak 2000.

Juru bicara eBay mengatakan santap siang bersama Buffett adalah "barang" paling mahal yang pernah terjual di situs lelang tersebut. Lelang itu ditiadakan pada 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19.

Buffett menjadi pendukung Glide setelah Susan, istri pertamanya yang wafat pada 2004, mengenalkannya pada badan amal itu saat dia menjadi relawan. Buffett juga berjanji untuk menyumbangkan hampir seluruh kekayaannya.

Hingga Jumat, dia memiliki kekayaan senilai 93,4 miliar dolar (Rp1.385,95 triliun) dan berada di peringkat ketujuh orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Pemenang lelang tahun ini dan tujuh tamu lain akan bersantap siang bersama Buffett di restoran steak Smith & Wollensky di Manhattan. Selama acara itu, Buffett akan berbicara tentang berbagai hal, kecuali soal rencana investasi dia berikutnya.

Manajer dana lindung nilai David Einhorn dan Ted Weschler pernah menjadi pemenang lelang. Weschler kemudian menjadi seorang manajer portofolio di Berkshire setelah memenangi lelang pada 2010 dan 2011 dengan total tawaran senilai 5,25 juta dolar.

Baca Juga: Wow, Harga Makan Siang Bareng Warren Buffett Capai Rp280 Miliar
Harga Meroket, KFC Australia Ganti Selada dengan Kubis ke Menu Burger

Berkshire membawahi puluhan perusahaan, termasuk pengelola jalur kereta api BNSF, asuransi mobil Geico, dan berbagai perusahaan di sektor energi, produksi dan ritel. Konglomerat itu juga memiliki saham di Apple Inc dan Bank of America Corp.

Buffett masih memiliki hampir 16 persen saham di Berkshire, meski telah menyumbangkan lebih dari separuh kepemilikannya sejak 2006, termasuk 4 miliar dolar pada 14 Juni.

Video Terkait