Ini Alasan Kenapa Kopi Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali

Ilustrasi Kopi (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 16 Juni 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Kopi merupakan minuman yang paling enak dinikmati saat masih hangat. Namun terkadang kita lupa untuk meminumnya lalu menjadi kopi yang sudah tidak lagi hangat.

Tapi bukan berarti kamu bisa menghangatkan kembali kopi yang sudah dingin. Bukan tambah enak, kopi ini justru berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari artikel lifesavvy.com, Director of Education and Training Operations di Stumptown Coffee, Emily Rosenberg, tidak menyarankan hal ini untuk dilakukan.

Memanaskan ulang kopi akan memunculkan rasa pahit. Ia juga menjelaskan bahwa sebelum biji kopi dipanggang, DNA mereka terdiri dari asam dan senyawa yang akan menjadi pahit jika kamu memanaskannya kembali.

"Semua kopi memiliki sedikit rasa pahit. Tapi dalam kopi yang baru diseduh, ada juga banyak rasa manis dan keasaman yang menyeimbangkan kepahitan dan membuat kopi memiliki rasa yang lebih kompleks dan lezat,” kata Rosenberg.

Biji kopi yang masih berwarna hijau (unroasted) mengandung asam klorogenat, dan proses pemanggangan memecahnya menjadi asam kuinat dan asam caffeic. Asam klorogenat memiliki rasa pahit, asam kuinat dan asam caffeic keduanya memiliki rasa pahit dan astringen yang lebih kuat.

“Ketika Anda memanaskan kopi, Anda mendorong lebih banyak produksi asam quinic dan caffeic. Sehingga memberikan kopi Anda rasa yang lebih pahit, astringen, dan tidak enak,” terang Rosenberg.

Sambung Michael Philips, Director of Coffee Culture di Blue Bottle Coffee, ini terjadi karena kualitas baik kopi akan menguap, meninggalkan hanya rasa pahit yang kurang menarik.

Saran kedua ahli kopi itu, sebaiknya kamu menyimpan kopi yang seduh dalam tumbler dengan insulasi panas yang bagus. Dari pagi hingga sore, panas bisa bertahan bila kualitas tumbler-nya baik.

Selain itu, bagi yang sudah terlanjur terbiasa memanaskan kopinya dalam microwave, lakukanlah di atas api yang benar-benar kecil di atas kompor.

Video Terkait



Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kopi Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali
Ibu Hamil Minum Kopi, Amankah bagi Janin?