Sederet Manfaat Minyak Kelapa Murni dan Madu untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi minyak kelapa (Homeremediesforlife)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 15 Juni 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Sebelum penggunaan minyak sawit marak digunakan, dahulu kala masyarakat Indonesia menggunakan minyak kelapa sebagai bahan untuk memasak.

Pasalnya minyak ini ternyata dianggap lebih sehat dibandingkan minyak sawit yang kini banyak digunakan.

Bahkan saking bagusnya, minyak ini juga kerap digunakan sebagai bahan dasar alami untuk produk kecantikan kulit.

Jangan khawatir dan pusing bagaimana cara mengonsumsinya. Kamu hanya cukup mencampur 1 sendok makan minyak kelapa dengan setengah sendok makan madu.

Kemudian diminum sebanyak dua kali, yaitu pagi dan sore. Lakukan selama 7 hari berturut dan disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu tinggal menunggu hasil yang akan kamu rasakan.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Tahukah Sobat Agri, di dalam minyak kelapa murni mengandung berbagai nutrisi baik yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Dirangkum dari beragai sumber, berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi minyak kelapa.

1. Sumber Antioksidan

Kombinasi minyak kelapa murni yang dicampur dengan madu dikenal menghasilkan kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai informasi, manfaat antioksidan sangat besar, salah satunya yaitu untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Memenuhi Asupan Nutrisi untuk Diet

Bagi Sobat Agri yang sedang menjalankan program diet, disarankan untuk mengonsumsi minyak kelapa murni sebagai salah satu asupan nutrisi.

Nutrisi yang terkandung dalam minyak kelapa murni, diyakini mampu merangsang proses metabolisme dalam tubuh. Proses metabolism yang baik akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan tidak merasa lapar, sehingga nafsu makan kamu menjadi berkurang dan kamu pun akan mendapatkan berat badan yang ideal.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat lainnya yaitu mampu melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan minyak kelapa murni dan madu mengandung asam laurat, kaprilat dan kaprat yang diyakini dapat menunjang pertumbuhan probiotik atau bakteri baik di dalam sistem pencernaan.

Tentu saja ini akan berdampak baik bagi kesehatan pencernaan, sebab bakteri baik akan melawan bakteri jahat yang ada dalam pencernaan, yang mana bisa menimbulkan penyakit pada sistem pencernaan.

4. Meningkatkan Kadar Lemak Baik

Selain itu, perpaduan antara minyak kelapa murni yang dicampur madu juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh.

Lemak baik dalam tubuh ini akan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, seperti kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Adapun kadar lemak baik dalam tubuh juga berfungsi mengimbangi kadar lemak buruk yang ada dalam tubuh, dan memicu munculnya penyakit kolesterol.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Mengonsumsi minyak kelapa murni dan madu adalah pilihan yang tepat untuk memperbaiki dan meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan minyak kelapa murni memiliki kandungan zat keton yang cukup banyak. Kandungan ini mampu meningkatkan memori atau daya ingat otak manusia.

Tak heran jika penggunaan minyak kelapa murni ini banyak dimanfaatkan oleh penderita Alzheimer untuk meningkatkan daya ingatnya agar membantu fungsi otaknya bisa berjalan dengan baik.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat lain yang tak kalah penting adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Mengonsumsi minyak kelapa murni yang dicampur madu ternyata baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Sederet Manfaat Minyak Kelapa Murni dan Madu untuk Kesehatan Tubuh
Jangan Berlebihan! Ini Batas Maksimal Penggunaan Minyak Goreng dalam Sehari

Alasannya adalah minyak kelapa murni mengandung polifenol, yang mampu mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dari lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah.

Apabila pembuluh darah tersumbat, maka bisa risiko penyakit jantung semakin tinggi. Oleh karena itu lakukan pencegahan dengan mengonsumsi minyak kelapa murni.

Video Terkait