Kuliner Khas Sumbawa Siap Berjejer di Ajang MXGP Samota

Kuliner Khas Daerah dan Persiapan Sirkuit Samota Sumbawa jelang MXGP. (Sariagri/Yongki)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 14 Juni 2022 | 19:50 WIB

Sariagri - Sariagri - Menjelang perhelatan Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia Samota Sumbawa 2022, Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya mendorong IKM Lokal NTB pada bidang kuliner. Hal ini dilakukan guna dapat berinovasi dalam pengemasan makanan sehingga makanan yang akan dipasarkan dapat disajikan secara tahan lama dan steril.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti mengatakan bahwa melalui Balai Kemasan NTB telah dilakukan proses uji coba pengembangan kuliner Sumbawa, yakni Sira bagek dan sira padang, ke dalam kemasan steril tahan lama. Sebagai salah satu upaya untuk mendorong peningkatan nilai tambah produk olahan IKM NTB.

“Strategi kemasan steril tahan lama menjadi salah satu opsi untuk mendorong produk IKM NTB terlibat secara aktif pada event internasional MXGP yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat di NTB,” tuturnya. 

Ia menambahkan bahwa event MXGP ini tentunya menjadi pintu gerbang buat IKM NTB dalam membangun pasar internasional. Ia mengajak untuk produk IKM NTB dapat melanglang buana ke dunia internasional, tentunya dengan mekanisme kemasan steril yang tahan lama. 

“Membangun mimpi harus dengan langkah pertama. Bimtek kemasan steril ini tentu menjadi bagian dari langkah pertama tersebut. Bersama Balai Kemasan Disperin NTB,” jelasnya.

Tak hanya menyiapkan kuliner khas Daerah, Pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) juga melakukan persiapan terkait fasilitas akomodasi hotel dalam perhelatan akbar tersebut yang akan segera digelar tinggal hitungan hari di sirkuit Rocket Internasional Samota Sumbawa Besar. 

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengatakan terkait Akomodasi hotel penginapan diperuntukkan bagi pembalap dan team, talent musisi dan team, dan tamu/penonton. 

"Update sementara ini pembalap dan team sebanyak 245 orang sudah disiapkan kamar 185 di 6 hotel yakni Hotel Samawa Sea Side Cottage, Transit Hotel, Kaloka Airport Hotel, 99 Balong, Sumbawa Grand Hotel dan Grand Samota. Sementara untuk talent musik dan team butuh 70 kamar yang sudah disiapkan pula," paparnya. 

Ditambahkan Yusron, sapaan akrab Kadispar kamar yang sudah terisi di luar akomodasi pembalap dan team maupun talent musik dan team sebanyak 190 kamar atau 330 bed.

"Itu sudah di booking para pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Sehingga kamar hotel tersedia masih 338 kamar atau 484 bed," jelasnya.

Baca Juga: Kuliner Khas Sumbawa Siap Berjejer di Ajang MXGP Samota
Perputaran Uang Sektor Kuliner di Sleman Selama Lebaran RpRp595,7 Miliar

Selain itu kata Yusron, kebutuhan bagi penonton tentu dilengkapi lagi dengan ketersediaan tenda untuk 2.000 orang di Ai Lemak, 1.500 orang di Ai Loang, termasuk rumah warga sekitar 265 yang tersebar di lima Kecamatan seperti Moyo Utara,  Moyo Hulu, Moyo Hilir, Labuhan Badas, dan Unter Iwes juga akan disiapkan untuk mencukupi kebutuhan akomodasi. 

"Sehingga bisa menampung dua kali lipatnya dan KRI makassar yang masih kita tunggu kepastiannya hari ini sebanyak 500 bed," tutupnya. 

Video Terkait