Dunia Terancam Krisis Pangan, Jokowi Minta Warga Menanam Bahan Pangan Pokok

Presiden RI Jokowi (Youtube)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Kamis, 9 Juni 2022 | 13:20 WIB

Sariagri - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan situasi dunia saat ini sedang mengalami kekurangan pangan. Hal itu disebabkan oleh pandemi COVID-19 dan perang Rusia-Ukraina.

Oleh karenanya, Jokowi mengajak para petani dan masyarakat untuk mengambil peluang dan memanfaatkan lahan yang mereka kelola dengan menanam tanaman pangan pokok seperti padi, jagung, porang, hingga sorgum.

"Saya mengajak kita semuanya untuk menanam tanaman-tanaman yang menghasilkan bahan pangan pokok. Saudara-Saudara bisa ditanami, silakan tanami padi silakan, benar. Mau ditanami apa lagi yang pangan? Jagung? Silakan," ujar Jokowi di Batang, dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden.

Jokowi mengungkapkan bahwa bahan pokok yang ditanam tak harus dari padi. Sebab ada bahan pokok lainnya yang bisa ditanam masyarakat, mulai dari porang, jagung sorgum dan lainnya.

Disamping itu, Jokowi menegaskan kepada jajarannya agar tidak membiarkan ada lahan perhutanan sosial yang telantar dan tidak produktif.

Baca Juga: Dunia Terancam Krisis Pangan, Jokowi Minta Warga Menanam Bahan Pangan Pokok
10 Provinsi Penghasil Jagung Terbesar di Indonesia

"Jangan sampai kita biarkan ada lahan yang telantar, ada lahan yang tidak produktif, benar? Ada lahan yang tidak digunakan apa-apa dibiarkan, enggak boleh. Semuanya harus produktif. Nanti itu urusannya Bu Menteri Kehutanan. Ada lahan misalnya HGU sudah lebih dari 10 tahun, lebih dari 20 tahun tidak diapa-apain, itu nanti urusannya Bu Menteri LHK plus Pak Menteri BPN," ucap Mantan Gubernur DKI tersebut.

Menurut Presiden, lahan perhutanan sosial memiliki peranan penting dalam rangka membuka usaha bagi para petani dan rakyat. Untuk itu, Presiden meminta kepada jajarannya, dalam hal ini Menteri BUMN dan Gubernur Jawa Tengah, untuk memberikan pendampingan baik terkait manajemen maupun sarana dan prasarana.

Video Terkait