Cara Menyimpan Wortel Segar Supaya Awet

Ilustrasi cara menyimpan wortel supaya awet. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Kamis, 9 Juni 2022 | 20:10 WIB

Sariagri - Wortel dapat diolah menjadi beragam makanan seperti tumisan, sayuran berkuah hingga kue. Selain itu, wortel juga dapat dibuat menjadi jus buah.

Membeli wortel di pasar tidak mungkin hanya satu buah saja. Biasanya seseorang akan membeli dalam jumlah tertentu yang lebih dari satu untuk memasak dan stok.

Namun, cara penyimpanan yang salah akan membuat stok wortel menjadi sia-sia. Melansir sejumlah sumber penyimpanan yang benar akan membuatnya awet:

1. Wortel segar

Cara menyimpan wortel supaya awet dimulai dari pertama kali membelinya. Pastikan wortel dalam keadaan segar tanpa goresan dan tidak layu.

2. Potong bagian hijau

Bagian daun atau tunas hijau pada wortel harus dipotong sebagai cara untuk menyimpannya supaya awet. Daun wortel yang dibiarkan akan membuat cepat layu karena sifatnya yang menyerap kelembaban sumber vitamin A itu. Hal itu menyebabkan wortel jadi cepat busuk.

3. Rendam wortel

Baca Juga: Cara Menyimpan Wortel Segar Supaya Awet
Intip Cara Mengolah Wortel yang Benar Agar Nikmat Saat Dikonsumsi



Cara menyimpan wortel supaya awet juga bisa dilakukan dengan merendamnya dalam wadah berisi air dingin. Namun pastikan wortel dalam kondisi bersih. Nantinya, wortel dalam wadah itu bisa disimpan dalam kulkas. Namun, jangan lupa untuk mengganti airnya jika sudah mulai keruh.

4. Bungkus kertas

Membungkus wortel dengan kertas atau plastik bisa membuatnya tetap segar dan awet. Kertas mampu menyerap air dan kelembaban pada permukaan wortel. Wortel yang sudah dibungkus kertas sebaiknya disimpan di kulkas.

Video Terkait