7 Makanan Pencuci Mulut yang Patut Kamu Coba, Dijamin Enak!

Ilustrasi Makanan Pencuci Mulut (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Rabu, 8 Juni 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Dessert atau makanan pencuci mulut akan disajikan setelah hidangan utama. Tidak lengkap rasanya sehabis makan besar, tidak ada pencuci mulut. Apalagi banyak varian pencuci mulut yang bisa kamu coba mulai dari cake, buah atau manisan.

Jika masih bingung, mungkin daftar menu pencuci mulut ini bisa jadi referensi kamu. Makanan penutup berikut ini dijamin enak dan menutup waktu makanmu dengan manis dan menyegarkan.  

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa pilihan pencuci mulut yang cocok untuk kamu yang ingin menambah menu baru.

1. Tiramisu

Pencuci mulut klasik khas negara Italia ini terdiri dari beberapa lapisan seperti sponge fingers, keju mascarpone dan ditambah aroma kopi. Cukup sedap bukan?

2. Baklava

Baklava adalah kue pastry berlapis yang diisi potongan kacang dan berpemanis sirup, biasanya terbuat dari adonan filo. Makanan khas Turki ini paling banyak dikonsumsi. Baklava yang dibuat dengan benar rasanya manis dan lembut, dari dalamnya akan keluar sirup bercita rasa lemon.

3. Churros

Meskipun berasal dari Spanyol, namun kue ini lebih populer di Amerika Selatan. Biasanya masyarakat di sana menikmati kue ini dengan tambahan taburan gula atau coklat kental.

4. S’mores

Cemilan yang ringan satu ini bisa kamu nikmati saat bersantai. S'mores sebenarnya sudah lama dikenal sejak 1920-an. Namanya sendiri merupakan singkatan dari ‘Some More’ dengan bahan terdiri dari cracker, marshmallow, biskuit, dan cokelat.

5. Pasteis de Nata

Kue dengan nama beken Custard tart ini berasal dari Portugis, berisikan krim custard manis sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat ditambah taburan kayu manis di atasnya.

Baca Juga: 7 Makanan Pencuci Mulut yang Patut Kamu Coba, Dijamin Enak!
Menilik Adab Makan dan Minum yang Diajarkan Rasulullah SAW

6. Crispy Doughnuts

Donat biasa pastinya terlalu mengenyangkan untuk disajikan sebagai pencuci mulut. Donat tipis dan crispy ini memberikan sensasi yang berbeda daripada donat pada umumnya. Pas untuk dijadikan pencuci mulut ringan!

7. Chocolate Mousse

Terbuat dari cokelat hitam, krim, gula, dengan tambahan bubuk coklat atau cokelat parut dan whipped cream sebagai hiasan. Adonan cokelat yang dalam pengolahannya ditambah sedikit udara, supaya teksturnya lebih ringan. Tergantung tekniknya, ada chocolate mousse yang terasa ringan dan meleleh di mulut, ada juga yang lebih berat dan creamy.

Video Terkait