Hari Keamanan Pangan Dunia, PBB Ajak Masyarakat Konsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi makanan sehat. (Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Rabu, 8 Juni 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kembali mengajak pada masyarakat dunia untuk mengonsumsi makanan sehat demi kesejahteraan manusia, Hal ini disampaikan pada peringatakan Hari Keamanan Pangan Sedunia yang jatuh pada Rabu (7/6/2022).

Hari Keamanan Pangan Sedunia tahun ini mengangkat tema 'Makanan yang lebih aman, kesehatan yang lebih baik'. Makanan yang aman sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan manusia bahkan menjadi salah satu penjamin paling penting untuk kesehatan yang baik.

Mengutip dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit bawaan makanan mempengaruhi 1 dari 10 orang di seluruh dunia setiap tahun. Ada lebih dari 200 penyakit ini, mulai dari diare hingga kanker.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Hari Keamanan Pangan Sedunia pada tahun 2018 untuk meningkatkan kesadaran akan masalah penting ini. WHO dan Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) bersama-sama memfasilitasi peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia, bekerja sama dengan Negara-negara Anggota dan pemangku kepentingan lainnya.

WHO menyerukan serangkaian tindakan spesifik di berbagai sektor untuk membuat makanan lebih aman. Pembuat kebijakan perlu mendukung langkah-langkah kebijakan untuk memperkuat sistem keamanan pangan nasional dan memastikan mereka mematuhi standar keamanan pangan, serta terlibat dalam kolaborasi multi-sektor di tingkat lokal, nasional, regional, dan global.

Baca Juga: Hari Keamanan Pangan Dunia, PBB Ajak Masyarakat Konsumsi Makanan Sehat
Peneliti Ungkap Virus Corona Bisa Bertahan di Daging Beku Selama 3 Minggu

Bisnis makanan harus mematuhi standar makanan internasional, mulai dari karyawan, pemasok, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya keamanan pangan.

Pada saat yang sama, lembaga pendidikan dan tempat kerja perlu mempromosikan penanganan makanan yang aman dan mendukung keamanan pangan. Dan konsumen perlu mempraktikkan penanganan makanan yang aman di rumah dan tetap mendapat informasi dan mempromosikan keamanan pangan.

Video Terkait