Jangan Lengah, Ini Ciri-Ciri Wortel yang Sudah Busuk

Ilustrasi wortel segar. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Rabu, 8 Juni 2022 | 12:40 WIB

Sariagri - Wortel sangat berguna untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Sayuran yang satu ini juga bisa disajikan dengan dibikin sop hingga kue.

Memilih wortel yang bagus dan segar tentu saja harus diperhatikan ketika membelinya dari tempat perbelanjaan atau pasar sayur. Pasalnya, wortel yang bagus akan memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh.

Dalam wortel mengandung biotin, kalium, vitamin A dari beta karoten, vitamin K1 dan B6. Kandungan dalam wortel dapat meningkatkan penglihatan, pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Melansir sejumlah sumber, berikut ini ciri-ciri worte busuk:

1. Bentuk

Ciri-ciri wortel busuk biasanya ditandai dengan retak dan memar. Sebaiknya, hindari membeli wortel dalam kondisi tersebut. KOndisi fisik wortel yang busuk tentu saja akan memengaruhi kualitasnya.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah wortel dalam keadaan utuh, keras dan permukaan yang halus.

2. Warna

Wortel segar memiliki warna yang oranye terang. Tentu saja berbeda dengan wortel busuk yang ciri-cirinya tidak memiliki warna oranye terang.

Warna oranye terang dari wortel karena kandungan beta karoten tinggi.

3. Rasa manis

Baca Juga: Jangan Lengah, Ini Ciri-Ciri Wortel yang Sudah Busuk
Jangan Disepelekan! Ini 5 Makanan Sehat yang Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan



Ciri-ciri wortel busuk tidak memiliki rasa manis layaknya wortel yang masih muda. Tekstur dari wortel muda lebih renyah dan manis. Biasanya wortel muda akan diolah menjadi kue.

4. Ukuran

Ukuran wortel juga mempengaruhi kondisinya. Wortel dengan ukuran yang mengecil dan layu serta berkeriput menandakan sayuran itu telah busuk.

Untuk memasak sebaiknya pilih wortel dengan ujung lancip. Karena tidak perlu proses masak yang lama.

Video Terkait