Supaya Awet, Begini Cara Simpan Stroberi

Ilustrasi stroberi disimpan. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 8 Juni 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Stroberi termasuk buah yang cepat mengalami pembusukan. Oleh karena itu penyimpanan stroberi yang benar dapat membuat buah yang satu ini menjadi lebih awet. 

Salah satu faktor stroberi cepat busuk karena memiliki kulit tipis serta struktur yang rapuh. Padahal stroberi memiliki beragam manfaat untuk tubuh ketika dimakan dalam keadaan segar.

Kandungan nutrisi dalam buah stroberi cukup banyak seperti vitamin C, B6, kalsium, protein, zat besi dan beragam jenis antioksidan seperti antosianin dan ellagitannins.

Untuk itu penting diketahui cara menyimpan stroberi yang benar. Melansir sejumlah sumber, cara terbaik menyimpan stroberi adalah di kulkas. Meski demikian, penting untuk membungkusnya dengan tisu dapur sebelum menyimpannya.

Namun, stroberi tidak perlu dicuci ketika akan disimpan di kulkas. Alasannya, stroberi justru akan cepat busuk jika dicuci terlebih dahulu karena lapisan epidermis akan rusak dan rentan busuk.

Baca Juga: Supaya Awet, Begini Cara Simpan Stroberi
3 Jenis Makanan yang Ampuh Basmi Ketombe di Kulit Kepala

Stroberi yang dicuci sebaiknya disimpan dengan cara dibekukan di dalam freezer. Sesudah stroberi dicuci, keringkan dan masukkan ke kantong plastik atau wadah kedap udara. Biasanya stroberi beku cocok untuk dibuat selai atau smoothie. Namun perhatikan kondisi stroberi sebelum dibekukan.

Jika stroberi terlihat mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dan kusam serta berjamur sebaiknya segera dibuang. Artinya, stroberi tersebut sudah dalam keadaan busuk dan tidak layak dipakai.

Video Terkait