Biar Paham, Yuk Ketahui Istilah Kadaluarsa

Ilustrasi Kode Kadaluarsa (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 6 Juni 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Sebelum membeli suatu produk, umumnya kita selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa. Ini dilakukan agar kita terhindar dari keracunan makanan basi.

Informasi batas waktu kadaluarsa suatu produk biasanya tercantum pada kemasan produk. Menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), makanan dinyatakan mengalami kerusakan (setelah kadaluarsa) jika terjadi perubahan dari sifat asalnya.

Yuk, mengenal istilah-istilah kadaluarsa yang wajib kamu ketahui

1. Best if used by atau best if used before

Jika kamu menemukan tulisan ini atau "baik dikonsumsi sebelum tanggal" artinya mengacu pada kualitas makanan. Tanggal yang tertera pada kemasan produk menunjukkan makanan akan mencapai rasa dan kualitas terbaiknya.

Produk yang telah melewati tanggal best before akan mengalami penurunan kualitas saja, tetapi tidak mengalami perubahan warna, tekstur, rasa maupun aroma dan masih aman untuk dikonsumsi dan tidak berarti berbahaya.

Namun, tanggal best before tidak lagi berlaku apabila produk kemasan sudah dibuka, karena membuka kemasan makanan akan mempengaruhi kualitas dan kesegaran produk. Kontaminasi bakteri dari udara luar juga akan mempercepat masa penurunan kualitas produk.

2. Sell by date

Jika kamu menemukan kata ini, sebenarnya menginformasikan tanggal yang telah ditetapkan produsen untuk memberi tahu penjual kapan produk tersebut harus ditarik kembali dari peredaran.

Tujuannya, untuk memastikan bahwa konsumen memiliki produk dengan kualitas terbaik, mulai dari hitungan hari hingga minggu. Makanan yang dipajang hingga mencapai tanggal akhir tetap bisa dikonsumsi untuk beberapa saat, tetapi kualitasnya menurun.

3. Use by date

Use by date (konsumsi hingga tanggal) menunjukkan tanggal kedaluwarsa akhir suatu produk. Tanggal yang tertera telah diperhitungkan pihak produsen mulai dari pengolahan bahan hingga masa tahan suatu produk di pasaran.

4. Guaranteed fresh

Label ini biasa digunakan pada produk-produk roti. Roti masih bisa dikonsumsi setelah tanggal yang tertera pada kemasan, tetapi kualitasnya tidak seenak saat belum batas waktunya.

5. Pack date
Untuk membaca tanggal kadaluarsanya tidak mudah dan kadang dalam bentuk kode-kode tertentu. Bisa berupa bulan-hari-tahun-MMDDYY atau kode lain yang lebih rumit. Biasanya, label ini kita jumpai pada makanan kaleng atau kemasan lainnya.

6. Pull Date

Ini merupakan tanggal terakhir yang dianjurkan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut. Sehingga, kamu masih punya jangka waktu untuk mengonsumsi tanpa mulai mengalami kerusakan.

Baca Juga: Biar Paham, Yuk Ketahui Istilah Kadaluarsa
Antisipasi Makanan Kadaluwarsa, Petugas Gabungan Gelar Razia Parcel

7. Expired date

Arti label ini yaitu kode yang diberikan untuk memberi informasi mengenai batas waktu maksimal suatu produk aman untuk dikonsumsi. Kamu harus membuang suatu produk jika telah melewati tanggal yang tertera. Hal ini karena, tanggal yang tercantum menandakan masa akhir kamu dapat mengonsumsi produk tersebut.

8. Display Date

Label display date atau tanggal pemajangan menunjukkan tanggal pada saat produk mulai dipajang di rak-rak toko. Pengumuman ini biasanya ditujukan untuk toko maupun orang yang akan menjual kembali produk tersebut.

Video Terkait