Intip 5 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kulit yang Lebih Glowing

Ilustrasi Cokelat Hitam (Unsplash)

Editor: Putri - Minggu, 5 Juni 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Cokelat hitam sarat dengan nutrisi yang dapat berdampak positif bagi kesehatan. Terbuat dari biji pohon kakao, cokelat hitam adalah salah satu sumber antioksidan terbaik yang dapat kamu temukan.

Studi menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Cokelat hitam juga baik untuk kesehatan kulit.

Cokelat hitam bisa kamu konsumsi langsung, jadi minuman cokelat panas atau menggunakannya sebagai perawatan kecantikan.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat cokelat hitam untuk kesehatan kulit.

1. Melindungi dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Menurut penelitian, makan cokelat hitam memberi kamu tekstur kulit yang lebih halus, kulit kemerahan 25 persen lebih sedikit saat terkena sinar matahari, dan hidrasi kulit yang berkepanjangan.

Flavonoid dalam cokelat membantu memantulkan sinar UV yang berbahaya, mencegah kulit terbakar dan kondisi seperti kanker kulit. Cokelat hitam juga membantu melawan perubahan warna kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Cokelat hitam membantu mengurangi bintik hitam dan pigmentasi serta menjaga kulit tetap bersinar dan sehat. Cokelat hitam juga berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit dan membuatnya tetap terkunci, meningkatkan kandungan kolagen, dan meningkatkan sirkulasi.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Sel

Mineral penting yang ditemukan dalam cokelat hitam seperti tembaga, besi, dan seng meningkatkan pertumbuhan sel dan menyehatkan kulit dan membuat wajah tampak lebih muda.

Cokelat hitam juga mendetoksifikasi kulit dan mengelupas sel-sel kulit mati, membantu kulit terlihat segar dan bercahaya.

4. Menyembuhkan Kulit

Cokelat hitam diperkaya dengan mineral yang meningkatkan penyembuhan sel. Selain memperlihatkan kulit halus dengan mengelupas sel-sel kulit mati, cokelat hitam juga menyamarkan bekas luka dan noda pada kulit.

Baca Juga: Intip 5 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kulit yang Lebih Glowing
5 Kombinasi Buah yang Baik Diolah Jadi Smoothie dan Jus

5. Mengurangi Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat mendatangkan malapetaka pada kulit. Karena cokelat hitam mengandung magnesium yang cukup, makanan ini membantu mengurangi stres, yang pada gilirannya mencegah kerusakan kolagen.

Dengan kolagen, kulit pun tetap sehat. Magnesium juga membantu kamu tidur lebih nyenyak yang juga penting untuk kesehatan kulit.

Video Terkait