4 Manfaat Rahasia Lada Hitam untuk Kesehatan, Ada Hambat Sel Kanker

Ilustrasi lada hitam. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 6 Juni 2022 | 11:15 WIB

Sariagri - Lada hitam sangat berbeda dari lada putih. Bentuk dan aroma lada hitam sangat identik. Sesuai namanya, lada ini berwarna hitam.

Melansir sejumlah sumber, lada hitam atau dalam Bahasa Latin Piper nigrum berasal dari hutan tropis India. Biasanya lada hitam digunakan sebagai pengawet dan penambah rasa pada makanan.

Lada hitam berasal dari lada yang hampir matang. Kemudian dipanen lalu dikeringkan sampai berubah warna menjadi hitam. Tidak hanya sebagai rempah, lada hitam juga dipercaya sebagai obat herbal untuk mengobati demam, asma, sakit kepala dan sakit perut.

Dari beragam manfaat itu, sebenarnya dalam satu sendok makan lada hitam mengandung 17 kalori, 1,8 gram serat, 4,5 gram karbohidrat, 0,7 gram protein, 30 miligram kalsium.

Selain itu, lada hitam juga mengandung 12 miligram magnesium, 90 miligram kalium, 11 miligram fosfor, 38 IU vitamin A dan 12 mikrogram vitamin K.

Lada hitam juga mengandung vitamin B, E, folat, zinc dan likopen, lutein, zeaxanthin, terpenoid, alkaloid, polifenol dan flavonoid.

Manfaat lada hitam yang kaya nutrisi :

1. Saluran pencernaan

Manfaat lada hitam untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan karena kandungan anioksidan, antiradang dan antibakteri. Biasanya lada hitam akan dimanfaatkan sebagai obat diare.

Selain itu, lada hitam juga dinilai dapat mengatasi nyeri perut dan perut kembung serta membantu merangsang pembentukan asam lambung yang berperan dalam mencerna makanan.

2. Gula darah

Manfaat lada hitam juga untuk mengontrol gula darah karena kandugan zat piperin dan antioksidan. Lada hitam juga dapat mencegah terjadinya resistensi insulin.

Baca Juga: 4 Manfaat Rahasia Lada Hitam untuk Kesehatan, Ada Hambat Sel Kanker
Hati-hati! Kopi Espresso Bahaya untuk Orang Dengan Kolesterol Tinggi

3. Kesehatan otak

Manfaat lada hitam ternyata untuk menjaga kesehatan otak sehingga menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan parkinson. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

4. Menghambat sel kanker

Kandungan piperin dalam lada hitam dinilai dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, prostat dan usus besar. Piperin bekerja dengan cara mengurangi efek radikal bebas dan menekan peradangan.

Video Terkait