Intip Cara Mengolah Wortel yang Benar Agar Nikmat Saat Dikonsumsi

Ilustrasi wortel. (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 5 Juni 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Wortel adalah sayuran yang paling banyak digemari, terutama bagi anak-anak. Rasanya manis dan juga kaya akan manfaat. Selain itu sayuran berwarna oranye ini mudah diolah menjadi berbagai macam menu lainnya.

Dilansir dari Livestrong, ada beberapa cara mengolah wortel yang tepat agar nutrisinya tetap terjaga, dan nikmat saat disantap, yaitu:

1. Dikukus

Cara mengolah wortel yang paling baik yakni dengan dikukus. Selain itu, perlu diketahui bahwa makanan yang dikukus sangat lah baik untuk kamu yang sedang diet.

Sebab dengan menggunakan metode ini kandungan nutrisi dari wortel tetap terjaga. Saat kamu mengukus akan membuat nutrisi wortel tidak bercampur dengan kandungan lemak dari minyak dan panas atau air yang semisal wortel direbus.

Pasalnya, merebus wortel apalagi terlalu lama dapat membuat vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C, hilang.

2. Dipanggang

Cara lain mengolah wortel adalah dengan memanggangnya. Saat dipanggang kualitas nutrisi dari wortel juga terjaga. Namun, kamu juga tetap harus memperhatikan suhu saat memanggangnya. Sebab jika terlalu panas, nutrisinya bisa hilang.

Kamu bisa memotong wortel menjadi tipis dan letakkan wortel di atas loyang atau Teflon panas, tetesi dengan sentuhan minyak zaitun yang sehat untuk jantung.

Saat memanggang kamu cukup membalikkan wortel pada tiap sisinya. Untuk menambah rasa kamu bisa menambahkan rempah dan bumbu tertentu pada wortel ketika dipanggang.

3. Dihaluskan

Menghaluskan wortel bisa menjadi cara tepat untuk mengolah wortel. Hal ini juga bisa menjadi siasat bagi anggota keluarga yang tidak menyukai wortel.

Caranya, cukup kukus saja wortel sampai empuk, saat dingin masukan puree tersebut ke dalam blender atau food processor dengan sedikit air.

Lalu haluskan wortel secara menyeluruh, sampai membentuk pasta. Agar rasanya lebih nikmat, Sobat Agri bisat menambahkan wortel yang dihaluskan dengan saus kesayangan atau bahan lainnya. Misalnya seperti nasi merah, mi, maroni, roti dan sebagainya.

Baca Juga: Intip Cara Mengolah Wortel yang Benar Agar Nikmat Saat Dikonsumsi
Rajin Kunyah Daun Mint Rasakan Segudang Manfaat Kesehatan Ini

4. Ditumis

Cara terakhir adalah dengan menumis. Metode ini juga jadi salah satu cara yang menyehatkan untuk mengolahnya. Dibandingkan menggoreng metode menumis tidak membutuhkan api yang besar dan minyak yang berlebihan.

Kamu cukup menuangkan 1 sendok teh mentega untuk mengganti minyak goreng saat menumis. Kamu juga bisa menambahkan garam, merica, dan sedikit taburan oregano agar hidangan wortel semakin nikmat saat disantap.

Video Terkait