Catat! Begini Cara Tepat untuk Menyimpan Kaldu Buatan Sendiri

Ilustrasi air kaldu (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 3 Juni 2022 | 20:50 WIB

Sariagri - Penggunaan kaldu acap kali digunakan ketika memasak guna menambah rasa dari masakan menjadi lebih sedap dan gurih. Sekarang ini, kamu bisa tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat kaldu sendiri.

Kamu sudah bisa membeli kaldu instan di warung dekat rumahmu. Namun sayangnya, kaldu yang diproduksi masal ini mengandung tambahan MSG dan pengawet.

Jangan khawatir, kalau kamu tetap bisa mendapatkan kaldu yang sehat tanpa MSG, dengan membuatnya sendiri. Cara ini memang terdengar sedikit kerepotan, namun akan lebih sehat dan higienis untuk digunakan.

Setelah digunakan, kamu juga masih bisa penyimpanan kaldu alami ini untuk digunakan dilain waktu. Yuk simak tips berikut ini dalam menyimpan kaldu.

Cara Menyimpan Kaldu yang Tepat

1. Pilih wadah yang tepat

Dalam menyimpan kaldu alami, kamu disarankan untuk tidak menggunakan wadah yang terbuat dari kaca. Hal ini untuk menghindari wadah pecah karena tekanan panas.

Akan lebih baik jika kamu menyimpannya di dalam pouch zip dan dibagi sesuai yang ingin kamu gunakan kembali.

Jangan sampai kaldu yang sudah dibekukan, dicairkan, lalu dibekukan lagi karena bakteri mudah berkembang dari suhu 4-60 derajat celcius. 

Kaldu alami bisa bertahan sekitar 4 hingga 5 hari jika kamu menyimpannya di kulkas kalau benar-benar kaldu kental dan jika dalam freezer bisa sampai berbulan-bulan.

2. Dinginkan kaldu

Jika kaldu yang kamu buat sudah selesai, tunggu hingga suhu kaldu turun sesuai suhu ruangan baru dimasukan ke dalam kulkas. Hal ini agar nutrisi dalam kaldu tetap terjaga kualitasnya.

3. Tulis tanggal pembuatan

Tulis tanggal pembuatan kaldu agar kamu mengetahui waktu kaldu yang kamu buat sebelum digunakan. Hal ini memudahkan kamu dalam pemakaiannya dan kaldu yang dibuat di awal tidak basi.

Baca Juga: Catat! Begini Cara Tepat untuk Menyimpan Kaldu Buatan Sendiri
Manakah Cara yang Lebih Sehat untuk Memasak Sayuran, Mengukus atau Merebus?

4. Sisakan ruang dalam wadah

Pastikan wadah penyimpanan yang digunakan bersih dan sisakan ruang agar kaldu yang disimpan memiliki ruang untuk mengembang.

5. Hati-hati dalam penggunaan kaldu

Hati-hati juga dalam menggunakan kaldu. Didihkan air kaldu terlebih dahulu hingga 2 menit, baru akan ketahuan kaldu itu basi atau tidak. Kaldu basi baunya agak asam seperti busuk. Jika sebelum 2 menit, kaldu yang dididihkan akan netral saja.

 

Video Terkait