4 Tips Diet ala Tom Cruise yang Awet Muda di Usia 59 Tahun

Ilustrasi diet atau menurunkan berat badan. (pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 2 Juni 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Tom Cruise membuat orang berdecak kagum karena di usianya yang ke-59 tahun namun hampir tidak terlihat menua. Hal tersebut pastinya bukan suatu hal yang terjadi begitu saja.

Diketahui bahwa Tom Cruise memiliki beberapa trik sehat yang membantunya terus sehat dan awet muda. Mengutip Eat This Not That, berikut empat cara diet Tom Cruise.

1. Makan Makanan Panggang

Bintang Mission Impossible ini mengaku tidak mengonsumsi makanan yang digoreng. Cruise hanya mengonsumsi makanan yang dimasak pada suhu rendah, terutama yang dipanggang.

Hal tersebut dikarenakan makanan yang dimasak pada suhu tinggi menyebabkan peradangan jaringan kronis dan mempercepat penuaan.

Sebuah laporan menunjukkan bahwa salah satu kebiasaan makan terbaik untuk orang di atas 50 tahun adalah makan makanan anti-inflamasi, seperti salmon, cokelat hitam, gandum mentah, blueberry, jahe, brokoli, minyak zaitun, tomat, dan bayam.

2. Tidak Mengonsumsi Karbohidrat

Mengutip Men's Health, Tom Cruise saat ini berpegang pada diet 1.200 kalori yang membuatnya mengurangi konsumsi karbohidrat.

Mengapa? Nah, ilmuwan nutrisi Dr. Paul Clayton mengatakan kepada Men's Health bahwa karbohidrat dapat mempercepat penuaan dengan menciptakan insulin, hormon penuaan.

Karbohidrat indeks glikemik tinggi yang diketahui menyebabkan penuaan ada pada bagel, pretzel, pasta, dan sereal.

Meski demikian Tom Cruise tidak selalu melakukan diet tanpa karbohidrat. Bahkan, bintang Hollywood ini pernah membagikan resep spaghetti carbonara-nya, menyebut dirinya "Raja Carbonara." Diet Tom Cruise tentu telah banyak berubah selama bertahun-tahun.

3. Mengonsumsi Camilan Sehat

Dengan jadwal yang padat, Cruise tetap berenergi dengan camilan sehat. Menurut Newshub, sang bintang makan banyak camilan kecil sepanjang hari, termasuk blueberry organik kering dan kacang-kacangan.

Rekan mainnya dalam Mission: Impossible: Rogue Nation, Simon Pegg, juga mengungkapkan bahwa Cruise menawarkan layanan kokinya kepada seluruh pemain saat mereka syuting.

Baca Juga: 4 Tips Diet ala Tom Cruise yang Awet Muda di Usia 59 Tahun
Daging Nabati Jadi Alternatif Bahan Pangan untuk Menu Diet Sehat

Simon memberi tahu E! News bahwa para koki akan menyiapkan "kurma kecil yang indah diisi dengan selai kacang dan ditaburi kelapa untuk camilan, dan bola-bola kecil truffle yang enak."

4. Menghindari Gula

Gula adalah semacam hal terlarang bagi Tom Cruise, terutama ketika dia harus syuting suatu film. Sebuah studi menunjukkan bahwa gula dapat mempercepat penuaan dengan menyebabkan peradangan dan merusak kolagen dan elastin.