Daging Nabati Jadi Alternatif Bahan Pangan untuk Menu Diet Sehat

Ilustrasi daging nabati (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 1 Juni 2022 | 14:50 WIB

Sariagri - Saat ini daging nabati atau daging berbahan dasar tumbuhan sudah banyak tersedia. Pada dasarnya daging ini sengaja dibuat dengan bahan nabati untuk dijadikan sebagai produk vegan atau vegetarian.

Namun tidak hanya vegatarian saja, tetapi yang ingin menerapkan diet sehat juga bisa mencoba daging nabati ini. Kira-kira apa saja daging dari tumbuhan tersebut? Berikut pilihan lengkapnya untuk Sobat Agri!

1. Nangka

Nangka memiliki kulit yang tebal, hijau, bergelombang dan daging bagian dalam yang lembut dan berserabut dengan biji yang dapat dimakan.

Konsistensi dan rasanya yang ringan, membuat daging nangka sering digunakan sebagai pengganti hidangan daging. 

Kamu bisa coba memasukkan nangka ke dalam slow cooker dengan saus barbekyu dan bawang untuk membuat sandwich.

Nangka sendiri merupakan buah-buahan yang rendah kalori dan tidak memiliki banyak protein atau lemak dibandingkan dengan alternatif daging nabati lainnya.

Selain itu, nangka juga menawarkan beberapa serat dan sejumlah kecil zat gizi mikro, seperti zat besi, kalium, dan kalsium.

2. Makanan berbahan dasar kedelai

Kedelai adalah kacang-kacangan dan salah satu alternatif daging nabati. Makanan berbahan dasar kedelai cenderung memiliki rasa ringan dan tekstur beragam yang membuatnya ideal untuk digunakan dalam banyak hidangan tradisional berbahan dasar daging.

Berikut beberapa contoh makanan berbasis kedelai yang populer:

Tahu

Terbuat dari kedelai dan air, tahu bisa ditekan, dipotong dadu, dan dimasak. Kamu dapat menggunakannya dalam tumisan atau salad, mengirisnya dan menambahkannya ke sandwich, atau menghancurkannya dan memasaknya dengan sayuran seperti membuat telur orak-arik.

Tempe

Tempe adalah produk kedelai fermentasi yang biasanya dihidangkan bersama tahu. Tempe biasanya diiris menjadi potongan tipis dan ditambahkan ke tumisan atau digoreng.

Bisa juga ditambahkan dalam semur dan berbagai jenis hidangan enak lainnya. Tempe sering digunakan sebagai alternatif daging yang mengandung kedelai.

Beberapa alternatif daging nabati yang diolah, seperti burger vegetarian, menggunakan protein kedelai sehingga bisa menjadi alternatif daging hewani. 

Manfaat alternatif daging nabati

Beberapa manfaat utama dari mengonsumsi alternatif daging nabati bersifat subjektif karena banyak orang memilih untuk mengonsumsinya karena berbagai alasan pribadi. 

Misalnya karena lebih sesuai dengan etika pribadi, seperti menjadi vegetarian. Mengonsumsi daging berbasis tumbuhan berarti tidak mendukung industri peternakan hewan atau pengaruhnya terhadap kesejahteraan hewan, lingkungan, dan kesehatan masyarakat.

Selain itu, daging nabati bisa menjadi altenatif yang lebih sehat dibanding daging hewani bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan jantung karena tidak mengandung lemak jenuh dan natrium. 

Asupan tinggi daging olahan dan daging merah juga dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena kanker tertentu, terutama kanker usus besar dan payudara.

Dengan mengonsumsi alternatif daging berbasis tumbuhan, kamu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi penting seperti serat yang diketahui membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. 

Baca Juga: Daging Nabati Jadi Alternatif Bahan Pangan untuk Menu Diet Sehat
Menu Plant Based Bisa Jadi Pilihan Saat Lebaran

Berhubung tumbuhan adalah satu-satunya sumber serat alami, menerapkan pola makan nabati yang lebih utuh dan berbasis makanan adalah cara sederhana untuk meningkatkan asupan serat.

Selain itu kamu juga akan mendapatkan lebih banyak vitamin, mineral, dan senyawa yang menawarkan perlindungan kesehatan lainnya.

 

Video Terkait