Jangan Salah, Jenis Tepung Terigu Bisa Dibedakan dari Tingkat Protein

Ilustrasi Membuat Roti (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Selasa, 31 Mei 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Budaya memasak saat ini sedang menjadi tren di kalangan ibu-ibu milenial. Ada yang gemar memasak masakan luar, ada yang suka memasak masakan tradisional, ada juga yang suka mencoba membuat kue-kuean.

Nah, dalam memasak jenis kue-kuean, umumnya bahan pokok yang digunakan adalah tepung terigu. Untuk kamu yang belum paham, mungkin menyangka jika tepung terigu sama saja.

Padahal ada tiga jenis tepung terigu yang berdasarkan dari tingkat proteinnya. Ada tepung terigu protein rendah, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein tinggi.

Jenis protein yang ada di dalam tepung terigu adalah jenis gluten. Gluten merupakan salah satu jenis protein yang dapat ditemukan pada jenis gandum.

Penggunaan tepung terigu akan mempengaruhi hasil akhir produk. Menghasilkan rasa dan tekstur makanan yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak ulasan berikut ini ya.

1. Tepung terigu protein rendah

Jenis tepung terigu ini hanya memiliki kadar protein yang rendah, yaitu sekitar 7 sampai 9 persen. Umumnya, jenis tepung terigu ini digunakan saat kita membuat kue kering, cake dan biskuit.

Karena memiliki kadar yang rendah, membuat hasil dari kue yang kamu buat jadi lebih garing, rapuh dan juga mudah patah.

2. Tepung terigu protein sedang

Baca Juga: Jangan Salah, Jenis Tepung Terigu Bisa Dibedakan dari Tingkat Protein
Catat! Diet Kurangi Hingga 800 Kalori Sehari Jangan Sembarang



Tepung ini sering disebut tepung terigu serbaguna (all purpose flour), karena penggunaannya yang fleksibel untuk segala jenis resep makanan, dari kue hingga gorengan. Tepung terigu protein sedang menghasilkan tekstur makanan yang lembut dan agak mengembang.

Jadi sangat cocok diolah menjadi kue bolu, brownies, cake pisang, waffle, pancake, martabak manis, muffin, danish, bakpia, kue bulan, kroket, croissant, puff pastry, risoles, dsb. Kadar proteinnya hanya sekitar 10 hingga 12 persen saja.

3. Tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu ini penggunaanya lebih tepat jika dijadikan roti dan mie. Seperti, donat, roti tawar, kue sus, roti manis, burger/hot dog bun, mie instan, mie kering, martabak telur, roti goreng, dsb.

Kadar protein dalam tepung ini yaitu 14-16 persen. Kadar protein yang dikandung sekitar 14 hingga 16 persen sehingga dapat mempengaruhi tingkat elastisitas dan kekenyalan jenis resep masakan yang dihasilkan.

Video Terkait