Menilik Adab Makan dan Minum yang Diajarkan Rasulullah SAW

Ilustrasi Orang Makan (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 31 Mei 2022 | 19:55 WIB

Sariagri - Banyak hal yang diajarkan agama Islam untuk menjalani kehidupan yang baik. Salah satunya adalah adanya adab dalam makan dan minum.

Perlu kamu pahami, jika Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada kita mengenai adab makan dan minum. Ternyata, ajaran ini memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan. Tentunya, jika kita juga ikut menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, hal ini sangat bagus untuk kita.

Lantas, apa saja adab makan dan minum menurut Islam dan apa saja manfaatnya? Berikut rangkumannya.

1. Mencuci Tangan

Meski terdengar sepele, hal ini ternyata sangat baik jika kita terapkan. Kebiasaan mencuci ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, adab ini telah dicontohkan Rasulullah untuk menjaga kesehatan tubuh agar terbebas dari paparan dari bakteri atau kuman yang dibawa dari tangan.

Dalam Hadits Riwayat Abu Daud no.222, An Nasa’i no.257 yang mana Hadits ini dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih An Nasa’i, bunyinya

“Rasulullah SAW jika beliau ingin tidur dalam keadaan junub, beliau berwudhu dahulu. Dan ketika beliau ingin makan atau minum beliau mencuci kedua tangannya, baru setelah itu beliau makan atau minum.”

2. Berdoa Sebelum Makan

Seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, Beliau selalu membaca doa terlebih dahulu sebelum menyantap makanan yang sudah tersaji.

Hal ini sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadits ‘Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan maka ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi” (Hadits Riwayat At-Tirmidzi).

3. Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah SAW telah mencontohkan ketika makan beliau selalu menggunakan tangan kanan. Ini dilakukan karena tidak ingin meniru adab setan yang kerap kali makan dengan menggunakan tangan kirinya.

Namun berbeda untuk kamu yang memang terlahir dengan tangan yang kidal atau karena satu dan lain alasan tidak mampu melakukannya, maka ada keringan untuk menggunakan tangan kiri.

Baca Juga: Menilik Adab Makan dan Minum yang Diajarkan Rasulullah SAW
Tidak Hanya Makanan, 4 Minuman Ini Sangat Bahaya untuk Kesehatan Hati

4. Makan Secukupnya

Rasulullah SAW merupakan pribadi yang sangat menghargai sesuatu dengan bijaksana, termasuk dengan makanan. Beliau selalu mengajarkan untuk makan makanan secukupnya, hal ini karena sesuatu yang berlebihan akan berdampak kurang baik untuk kesehatan.

5. Makan dengan Perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan dan tidak terburu-buru sangat disarankan oleh pakar kesehatan. Jauh sebelum itu, Rasulullah SAW juga telah mengajarkan untuk makan dengan perlahan. Makan perlahan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Video Terkait